Sowan Bupati, FBN Siap Bersinergi Dengan Pemda Gunungkidul

Wonosari, (suara-gunungkidul.com)–

Forum Bela Negara (FBN) Gunungkidul melakukan audensi dengan Bupati Gunungkidul Sunaryanta, Senin (10/01/2022). Dalam agenda audensi tersebut FBN mengaku siap memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Bangsa khususnya di Kabupaten Gunungkidul.

Ketua FBN Sigit Heri Abadi mengatakan bahwa, Bela Negara merupakan kewajiban bagi siapapun warga Negara Indonesia. Atas dasar kewajiban bersama FBN hadir di Gunungkidul memberikan warna untuk terus merawat keberagaman, merawat nilai – nilai kebangsaan serta merawat nilai adiluhung budaya.

“Keselarasan manusia dengan alam dan manusia dengan manusia. Melalui program penguatan kapasitas kebangsaan, merawat tradisi, mensosialisasikan nilai – nilai Pancasila dan Bela Negara untuk semua kalangan,”katanya, Selasa (11/01/2022).

“Kami sowan dengan harapan bisa berharmoni dan sinergi dengan program pemerintah baik di eksekutif, legislatif maupun yudikatif,”imbuu Sigit.

Menurutnya Akses, Partisipasi, Kontrol dan Manfaat menjadi landasan FBN Gunungkidul dalam merangkai sebuah program. Masalah – masalah yang dihadapi Gunungkidul merupakan tantangan dan peluang yang harus disikapi dengan penuh objektifitas.
Pasca turun SK pengurus FBN pada Bulan Desember 2021 terus bergerak baik penguatan internal melalui pelatihan – pelatihan penguatan keorganisasian.

“Kami mendesain program kerja hingga kaderisasi. Sampai 10 Januari 2022 sudah ada 119 anggota yang tersebar di berbagai Kapanewon dan Kalurahan terus bergerak merangkul semua elemen untuk sama sama bergabung di Forum Bela Negara Gunungkidul,”terangnya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengapresiasi apa yang dilakukan oleh FBN Gunungkidul. Menurutnya visi misi FBN sangat selaras dengan mimpi Sunaryanta untuk mewujudkan cita – cita Bangsa. Dia memahami bahwa bagaimana Bela Negara selayaknya dilakukan Warga Negara Indonesia dan Bela Negara bukan hanya milik TNI maupun Polisi.

“Melainkan kewajiban semua. Kami berharap FBN terus melakukan komunikasi dengan semua elemen karena fungsi dan peran Bela Negara ada di atas (tertinggi dalam aktivitas kenegaraan) harus berafiliasi dengan TNI, Kepolisian, Kejaksaan, akademisi, tokoh Budaya, Tokoh Agama dan seterusnya,”kata Bupati.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA