Longsor, Sebuah Batu Menimpa Rumah Wasito

Semin, (suara-gunungkidul.com)–Hujan deras di wilayah Kepanewon Semin mengakibatkan bencana longsor, Senin (15/02/2021). Longsor berupa material batu itu menimpa sebuah rumah bagian dapur dan kamar mandi milik Wasito warga Padukuhan Sedono, Kalurahan Pundungsari, Kepanewon Semin.

Kapolsek Semin, AKP Arif Heriyanto menjelaskan bahwa, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 15.00 WIB. Sebuah bukit setinggi 8 meter yang berada di belakang rumah Wasito mengalami longsor. Material longsoran tersebut sempat menutup jalan setapak yang berada di belakang rumah.

“Material berupa batu bediameter 2 meter menggelinding dari atas bukit dan menimpa dapur dan kamar mandi milik korban. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,”ujar Kapolsek, Selasa (16/02/2021).

Dia menambahkan, akibat tertimpa batu besar itu kamar mandi beserta sebagian dapur milik Wasito rusak dan tidak bisa digunakan. Namun demikian masih beruntung lantaran batu besar tersebut berhenti menggelinding saat sampai di kamar mandi.

Sesaat setelah peristiwa tanah longsor tersebut terjadi, warga dibantu TNI/Polri lantas bergotong royong membersihkan material longsoran terutama yang menutup jalan setapak di belakang rumah korban. Kerja bhakti akan dilanjutkan esok pagi mengingat hari sudah malam.

“Kerja bhakti kita lakukan hari ini,”terangnya

Warga bersama relawan memang fokus membersihkan material yang menutup jalan setapak karena untuk mengevakuasi batu besar tersebut, pihaknya membutuhkan peralatan yang memadai atau bahkan alat berat. Untuk mengevakuasi batu tersebut dari kamar mandi dan dapur milik korban, warga akan berusaha memecah batu tersebut menjadi beberapa bagian.

“Posisi batu tersebut di area yang menyulitkan jika harus menggunakan alat berat,”kata Kapolsek.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA