Rumah Mbah Sugito Diamuk Si Jago Merah, Dapur Habis Kamar dan Ruang Tamu Rusak Berat

Gedangsari,(suara-gunungkidul.com)–Kebakaran terjadi dan mempora-porandakan rumah Sugito (70) di padukuhan Karangasem RT 03 RW 02, Kalurahan Sampang, Kapanewon Gedangsari 08/10/2021, kebakaran tersebut membuat Sugito kehilangan tempat tinggal. Dari hasil asesmen TRC BPBD, kebakaran diduga akibat pemilik rumah lupa mematikan api di tungku.

Hal tersebut diungkapkan oleh petugas BPBD saat menjalankan tugas memadamkan api yang masih melakukan assesmen di rumah Sugito.

“Saat kejadian, sekeluarga sedang tidur nyenyak. Kemudian terdengar suara api membakar bahan bangunan rumah bagian dapur. Mengetahui hal tersebut, penghuni lalu teriak minta tolong ke tetangga.”, terang TRC BPBD, Kusmiyanto.

Rumah tersebut hanya dihuni Sugito dan istrinya, dan dalam kejadian Tidak ada korban jiwa maupun luka dari pemilik rumah. Namun kerusakan cukup signifikan. Uraian Kerusakan meliputi dapur terbakar habis, sebagian kamar serta ruang makan juga terbakar.

Pemadaman dilakukan oleh warga sekitar secara bergotong-royong. Kemudian pada pagi harinya dilakukan kerja bakti pembersihan material kebakaran oleh warga bersama relawan setempat.

Sementara itu BPBD Kab Gunungkidul menyalurkan bantuan logistik makanan, terpal dan peralatan dapur kepada korban dan juga untuk dukungan kerja bakti.

“Pagi tadi kita telah salurkan bantuan makanan dan peralatan untuk dukungan kerja bakti,” singkat Kasi Darlog BPBD, Sapto Wibowo.

Dihubungi terpisah Lurah Sampang Kapanewon Gedangsari Suharman menjelaskan bahwa pemerintah kelurahan membantu sembako dan kebutuhan lainya, sementara untuk membangun kembali rumah Mbah Sugito masih dirapatkan.

“Pemerintah Kalurahan mendapat informasi langsung turun memadamkan api bersama warga lain, keesokan paginya menyerahkan bantuan, untuk pembangunan rumah masih kita rapatkan,” singkatnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8