Tekan Tingginya Urbanisasi, Komunitas ini Buka Sekolah Berbasis Kontekstual

Panggang, (suara-gunungkidul. Com) –Sekolah Pagesangan adalah Komunitas belajar yang diinisiasi untuk meningkatkan kualitas hidup semua orang yang tergabung di dalamnya. Sekolah yang terletak di Padukuhan Wintaos, Kalurahan Girimulyo tersebut memiliki peran penting bagi masyarakat di sekitar.

Diah Widuretno salah satu penggagas sekolah Pagesangan mengatakan, sekolah pagesangan didirikan sejak Tahun 2009 yang lalu. Sekolah ini berbasis kontekstual dan dirintis karena ada beberapa alasan. Salah satu diantaranya karena tingginya urbanisasi dan migrasi sehingga sebagian besar pemuda dan usia produktif meninggalkan wilayah tersebut. Karena tingginya urbanisasi dan migrasi menyebabkan tidak ada orang yang mau menggali mengembangkan desa.

“Dari sinilah kita berupaya bersama sama mengatasi permasalahan yang ada di wilayah sini”ujarnya.

Ada beberapa kegiatan yang ada di sekolah Pagesangan ini yaitu pertanian, mengolah hasil pertanian, dan mengembangkan produk juga pemasaran.seperti membuat tempe dan lain – lain

” Jadi untuk lokasi pertanianya hanya di wilayah lahan masing masing, kemudian sebgian kita olah dan di jual. Nah hasil jualanya sendiripun di bagi ke semua kelompok, sebgaian untuk keguatan yang ada di sekolah, ” tuturnya. (Wanto)

Sekolah Pagesangan(SP) sendiri memiliki jumlah anggota 75 orang yang akyif dalam kegiatan ini, yang terdiri dari usia anak dan remaja 30orang, ibu ibu 30 orang dan bapak bapak sebanyak 30 orang. Selain itu ada lagi yang tidak sering bertemu namun ikut bekontribusi.

Semua tergabung sukarela tak ada kelembagaan formal, dimiliki semua orang yang terlibat dan semua kegiatan didanai sendiri.

“semoga ini semua bisa bermanfaat baik bagi penduduk sekitar dan juga bisa mengurangi permasalahan yang ada disini,”pungkasnya. (Wanto)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8