banner1
banner2
banner3
banner4
banner5
banner6
banner7
banner9
banner10
banner11

Sulit Sinyal, SD Ini Satu – satunya Sekolah di Gunungkidul Yang Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Saat Pandemi

Ngawen, (suara-gunungkidul.com)–
SD Negeri Gunung Gambar melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka saat kondisi pandemi Covid-19. SD Negeri yang berdiri sejak tahun 1986 berada di Padukuhan Gunung gambar, Kalurahan Kampung, Kapanewon Ngawen.

Keputusan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka tersebut lantaran wilayah SD N Gunung gambar tidak ada sinyal. Sekolah yang siswanya berasal dari 3 Padukuhan ini berada di wilayah terpencil.

“Secara Geografis terletak di pegunungan Zona Batur Agung Utara Gunungkidul. Para siswa berasal dari tiga Padukuhan, Kapanewon Ngawen, yaitu Padukuhan Gunung Gambar dan Padukuhan Kampung, serta dari Padukuhan Pringombo, Kapanewon Nglipar,”ujar Kepala Sekolah SD N Gunung Gambar, Purno Jayusman (52), Jumat (21/05/2021).

Menurut Purno rumah para siswanya berada di daerah Blankspot yang tidak ada sinyal jaringan internet. Hal ini membuat sistem pembelajaran daring menemui kendala. Dia berujar bahwa tugas yang diberikan kepada muri seharusnya dapat selesai dalam waktu setengah hari dapat memakan waktu lama yakni sampai dua hari.

“Dengan keterlambatan seperti ini, maka kami tidak dapat mencapai target kurikulum pembelajaran yang seharusnya kami sampaikan kepada siswa,”tambahnya.

Tak hanya itu, keputusan melaksanakan pembelajaran secara tatap muka saat pandemi atas pertimbangan jarak yang ditempuh siswa untuk mencari sinyal sangat jauh. Keadaan tersebut yang memaksa guru berpikir untuk mengatasi kendala yang dihadapi anak didiknya.

“Keputusan ini diambil usai rapat dengan guru, wali siswa dan komite sekolah untuk mencari solusi terbaik. Kami kemudian sepakat menyelenggarakan sistem pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” terangnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA