HISKI Komisariat Kalteng Siap Gugah Hasrat Bersastra

Kalteng, (suara-gunungkidul.com)–
Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Kalimantan Tengah menggelar rapat penyusunan program kerja. Rapat yang digelar pada Rabu, 6 Januari 2021 itu berlangsung secara daring di tengah pandemi Covid-19.

Hadir dalam rapat virtual Ketua HISKI Komisariat Kalteng, Dr. Diplan, M.Pd. dan sekretaris, Dr. Misnawati, M.Pd serta perwakilan masing-masing bidang atau departemen HISKI. Rapat tersebut diharapkan menjadi awal yang baik bagi HISKI Kalteng, khususnya untuk merajut kebersamaan anggota sekaligus menggugah keaktifan organisasi untuk menghidupkan kegiatan sastra di daerah ini.

“Mudah-mudahan HISKI Kalteng juga dapat berkiprah dan berkarya, baik di tingkat lokal maupun tingkat nasional,” tutur Diplan, Minggu (10/01/2021).

Dalam rapat beberapa masukan progam pun mengemuka dari beberapa beberapa bidang atau departemen. Departemen Penelitian dan Pengembangan memprogramkan perlunya membuat payung hukum akta notaris sebagai penguat penelitian dalam berkarya, membuat jurnal untuk HISKI, dan menjalin kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Bidang pendidikan dan pelatihan merencanakan program peningkatkan kualitas dan produktivitas organisasi, berinovasi kreatif menghimpun dana penelitian termasuk mengadakan iuran bulanan anggota, menggerakan untuk berkarya dan berkontribusi. Usulan agar anggota yang mengikuti kegiatan atas nama HISKI agar bisa memberikan kontribusi bagi organisasi serta pentingnya kebersamaan dan transparansi juga dikemukakan.

Sementara itu, bidang publikasi dan informasi memiliki program untuk mendokumentasikan semua kegiatan dan karya-karya HISKI Komisariat Kalteng, baik dalam bentuk tulisan, foto, maupun video, membuat akun resmi HISKI Kalteng di media sosial, berupa IG, FB, dan atau yang lain, mempublikasikan setiap kegiatan resmi dan karya-karya HISKI Kalteng di media sosial atau media lain, dan menjalin kerja sama dengan media massa lain untuk lebih meluaskan publikasi kegiatan HISKI Kalteng ke masyarakat luas.

Selanjutnya, bidang kerja sama merencanakan program kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Tengah atau di luar Kalteng untuk lebih menggaungkan HISKI Kalteng.

Pada bidang lain, yakni bidang Pementasan mengajukan progam untuk berkolaborasi dengan sekolah, perguruan tinggi, komunitas seni teater terkait Pementasan, memberikan pelatihan untuk sekolah atau perguruan tinggi terkait tata manajemen pementasan yang baik, mengisi acara Bincang Sastra di RRI Palangka Raya, menggelar pentas apresiasi sastra dua kali dalam satu tahun, dan bekerja sama dengan stasiun TV dan Radio lokal melalui Apresiasi Sastra.

Meski rapat digelar secara daring dan dihadiri secara terbatas di ruang virtual, antusiasme peserta untuk urun gagasan positif bagi geliat bersastra di daerah ini tetap mengemuka. Hadir koordinator serta perwakilan anggota dari berberbagai bidang atau departemen HISKI Komisariat Kalteng. Mereka di antaranya adalah Supardi, M.Pd., Alifiah Nurachmana, M.Pd., Tri Arfayanti, M.Pd., M.Mirazulhaidi, M.Pd., Resfiya,M.Pd., Andi Setiawan,M.Pd., Ichyatul Afrom, M.Pd., Kasno, S.Pd., dan Lukman Juhara. (L.J.)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8