Persiapan Menerima Wisatawan Pasca PPKM, DKP dan Warga Mulai Membersihkan Kawasan Pantai

Tanjungsari,(suara-gunungkidul.con)— Persiapan menerima wisatawan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul melakukan gerakan pembersihan sejumlah pantai di pesisir selatan pada Kamis (07/10/2021).

Kegiatan yang melibatkan nelayan hingga warga setempat ini dipimpin langsung Kepala DKP Gunungkidul Krisna Berlian, saat dibicangi wartawan Krisna menjelaskan gerakan bersih-bersih pantai sebenarnya rutin dilakukan.

“Sebenarnya kegiatan ini sudah rutin kami lakukan, Ini adalah salah satu upaya bagaimana menjaga wajah kawasan pesisir agar tetap tertata rapi dan bersih,” kata Krisna saat ditemui di kawasan pantai Baron..

Bersih-bersih pantai ini juga sudah diagendakan lewat program Gita Laut (Gerakan Cinta Laut). Bertujuan untuk menjaga kawasan pantai tetap lestari nyaman dan aman untuk dikunjungi.

Krisna juga mengatakan kegiatan ini juga jadi bagian dari persiapan menyambut kembali wisatawan. Apalagi mengingat kebijakan PPKM sudah dilonggarkan dan ada rencana pembukaan kembali wisata dengan Uji Coba Terbatas.

“Salah satu cara kami ikut menyambut wisatawan dengan gerakan pembersihan, karena lama PPKM, mungkin tidak lama lagi akan dibuka secara terbatas,” tambahnya.

Krisna pun berharap gerakan ini bisa membentuk kebiasaan yang baik pada warga setempat hingga pengunjung Khususnya agar selalu menjaga kebersihan lingkungan pantai.

Ia berharap para pedagang makanan hingga nelayan tidak membuang sampahnya sembarangan. Seperti bekas kemasan plastik makanan hingga bangkai ikan yang didapat dari aktivitas melaut.

“Kita tahu bahwa plastik sangat susah diurai oleh alam, sedangkan bangkai ikan bisa menimbulkan aroma tidak sedap yang bisa mengganggu kenyamanan,” kata Krisna.

Sementara Ketua Kelompok Nelayan Baron Sumardi saat dibuncangi terpisah mengatakan pihaknya juga sudah rutin melakukan pembersihan pantai secara mandiri. Bahkan selama tutup karena PPKM pihaknya selalu rutin membersihkan kawasan pantai dan sekitarnya.

Lebih lanjut Sumardi berharap dukungan DKP Gunungkidul terus diberikan guna menjaga kondisi pantai. Dan saat ini warga sudah siap menerima kembali wisatawan yang akan berkunjung ke pantai.

“Warga pedagang dan nelayan sudah siap untuk pembukaan wisata, tinggal menunggu keputusan pemerintah,” tutupnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8