Pedagang Kecil Menjerit, Sehari Dapat Omset Dua Puluh Ribu

Playen, (suara-gunungkidul.com)—Nasib pedagang kecil di masa Covid-19 sungguh tragis, saat kebutuhan sehari – hari tetap harus berjalan namun usaha kecil – kecilan yang menopang hidupnya malah jauh dari harapan. Omset yang semula mencapai dua ratus ribu rupiah per hari kini untuk mendapat hasil dua puluh ribu saja susah didapat.

Hal itu diungkapkan Suminten warga Padukuhan Menggoran 1, Kalurahan Bleberan, Kapanewon Playen. Wanita yang memiliki empat orang anak dan empat cucu tersebut terlihat pasrah saat dibincangi suara-gunungkidul.com, 01/02/2021 di warungnya yang berada di lokasi Sri Getuk.

“Semenjak Covid-19 sepi, biasanya hasil kami bisa dua ratus ribu per hari kini untuk mendapat dua puluh ribu saja susah,” Ujar Suminten, Rabu (03/02/2021).

Terpantau dilokasi wisata Sri Getuk memang terlihat sepi bahkan tempat rekreasi yang menawarkan keindahan air terjunya tersebut tidak terawat banyak bangunan kotor dan ditumbuhi ilalang, bahkan beberapa tempat terlihat kusam tanpa ada bekas orang bersantai, begitu pula dengan beberapa warung tampak tak diurus pemiliknya.

Suminten menambahkan bila saat ini pengunjung yang berlibur ke Sri Getuk jauh dari biasanya sebelum covid, per hari libur rata – rata bisa mencapai ribuan orang namun saat ini hari libur ratusan saja tidak sampai.

“Sebelum covid lumayan mas pengunjungnya tapi saat ini jauh sekali, saat libur saja ga sampai ratusan pada hal biasanya ribuan,” Tambah Suminten.

Wanita tua yang berjualan di pinggir jalan menuju air terjun saat ini hanya berharap agar bencana ini segera berlalu karena usaha yang ia tekuni adalah satu – satunya untuk menopang kehidupan keluarganya karena saat ini suaminya sudah satu tahun sakit – sakitan dan tidak bisa ke mana – mana sehingga harapanya semua bisa kembali normal dan ada hasil dari jualan kecil – kecilan yang ia tekuni.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8