Jaga Harmonisasi Alam, Umat Hindu Melaksanakan Upacara Wanakerti

Ngawen, (suara-gunungkidul)–Umat Hindu yang berada di wilayah Kepanewon Ngawen melaksanakan Upacara Wanakerti di kawasan Hutan Adat Wonosadi, Minggu (21/02/2021). Upacara tersebut sebagai satu dari rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943.

Kegiatan upacara itu diikuti oleh sejumlah tokoh tokoh umat Hindu di Kapanewon Ngawen dan sejumlah instansi sekitar 40 orang.

Kepala Desa Beji, Idayanti menyampaikan rasa terimakasihmya kepada seluruh Umat Hindu di Kapanewon Ngawen yang telah melangsungkan Prosesi upacara Wonokerti di Hutan Adat Wonosadi. Dia berharap dengan upacara ini umat Hindu akan ikut menciptakan nuansa guyup rukun, dan ayem tentrem dengan sesama umat lainnya

“Tentu ini akan lebih menjaga alam, dan keharmonisan serta toleransi beragama khususnya di Gunungkidul yang selama ini sudah sangat kondusif,”ujar Idayanti, Selasa (23/02/2021)

Salah satu tokoh Umat Hindu yang mengikuti prosesi ritual yakni Jero Gede Dwija mengatakan, bahwa Upacara Wanakerti tahun ini dilaksanakan secara sederhana, karena keadaan masih dimasa Pandemi Covid-19

“Dengan kesederhanaan ini, semoga tujuan dari Upacara Wanakerti ini tetap bisa tercapai. Kami ingin melaksanakan Tri Hitakarana, yakni menjaga keharmonisan hubungan dengan Sang Hyang Widhi, hubungan dengan sesama, dan hubungan dengan Alam atau lingkungan tempat kita hidup,”jelasnya.

Dia berharap dengan upacara tersebut, masyarakat di Wilayah Kalurahan Beji, bisa lebih mencintai alam, khususnya di hutan Wonosadi. Dengan demikian kedepan, hutan Adat ini dapat terjaga.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA