Ijin Belum Turun Sudah Beroperasi, LSM Akan Laporkan Pemilik He Ha Ocean View ke Pemerintah Pusat

 

Wonosari, (suara-gunungkidul.com)–Meskipun telah beroperasi dan dibuka untuk umum wahana He Ha Ocean View yang berada di kawasan pantai Gesing Girikarto, Kepanewon Panggang ternyata belum mengantongi ijin. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Irawan Jatmiko.

Kepada wartawan Irawan mengakui bahwa, Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) He Ha Ocean View itu masih dalam proses. Dia berdalih bahwa proses perijinan membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Mereka bukan tidak mengurus ijin, namun ijinnya masih tahap baru proses, karena membutuhkan waktu lama,’ujar Irawab Jatmiko.

Walaupun telah beroperasi dan dibuka untuk wisatawan, pihak Pemerintah Daerah menyebut pihak pengelola mengejar momentum tertentu seperti natal atau tahun baru.

“Biasanya pengusaha itu mengejar momentum. Niat mengurus ijin ada tapi penyusunannya seperti dokumen lingkungan memang membutuhkan waktu, “imbuhnya.

Terpisah, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jejaring Rakyat Mandiri (Jerami) Rino Caroko bakal melaporkan adanya dugaan pelanggaran adminitrasi itu kepada Pemerintah Pusat. Menurut Rino, Pemda harus berani mengambil sikap tegas terkait beroperasinya He Ha Ocean View tanpa terlebih dahulu mengantongi ijin.

“Saya berani berstatemen begitu karena hingga saat ini He Ha belum mengantongi izin apa – apa, maka kami mendorong pemerintah daerah harus berani tegas, bila tidak berani tegas kami akan laporkan ke pusat,”kata Rino.

Diketahui sebelumnya wisata He Ha Ocean View yang berada di kawasan Pantai Gesing sempat menimbulkan polemik. Ratusan warga menggeruduk lokasi wisata milik investor kelas kakap itu lantaran diwajibkan membayar ketika hendak masuk. Polemik tersebut akhirnya diselesaikan oleh Pemerintah Kalurahan Girikarto dengan kesimpulan khusus warga pribumi digratiskan ketika masuk lokasi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA