Gunung Ireng Dan Kali Ngalang Ditetapkan Jadi Warisan Geologi

Yogyakarta,(suara-gunungkidul.com)–Dua lokasi geowisata di wilayah Kabupaten Gunungkidul ditetapkan menjadi lokasi warisan geologi (geoheritage) oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI. Dua lokasi geowisata tersebut yakni Gunung Ireng yang berada di Kapanewon Patuk dan Kali Ngalang, Kapanewon Gedangsari.

Surat keputusan penetapan warisan geologi tersebut diserahkan langsung kepada Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gedung Pracimosono, Kepatihan Yogyakarta, secara virtual pada Kamis (22/04/2021). Dengan ketetapan ini diharapkan mampu menjadi lokasi studi yang terjaga kelestariannya dan mampu memberikan dampak peningkatan perekonomian kepada masyarakat.

Menteri ESDM RI Arifin Tasrif
mengatakan, penetapan ini dapat berfungsi sebagai upaya pelestarian pemanfaatan dan sarana belajar kawasan geosite heritage. Keberadaan kawasan geosite bentang alam di Yogyakarta ini dapat dijadikan object pembelajaran penelitian ilmu pengetahuan dan pelestarian dengan pemanfaatan sebagai kawasan pariwisata berkelanjutan.

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono ke X berujar, surat keputusan penetapan tersebut akan membawa konsekuensi bagi Pemda untuk berkomitmen penuh dalam menjaga memelihara dan mengembangkannya. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan status perekonomian di masyarakat.

“Untuk mengelola wisata berbasis komunitas yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat setempat,”kata Gubernur. (Fajar)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA