Bupati Gunungkidul Luncurkan Layanan E-Ticketing Ditengah Pandemi

Tanjungsari,(suara-gunungkidul.com)–Bupati Gunungkidul Hj Badingah meluncurkan layanan tiket elektronik atau E-Ticketing di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron Kalurahan Kemadang, Kepanewon Tanjungsari, Selasa (26/01/2021). Peluncuran ditengah pandemi Covid-19 tersebut merupakan moment yang tepat lantaran dapat meminimalisir kontak langsung dengan pengunjung.

Bupati Badingah mengungkapkan bahwa, selain meminimalisir kontak langsung transaksi menggunakan non tunai juga sebagai upaya penegakan protokol kesehatan ketika situasi pandemi Covid-19.

“E-Ticketing juga menyesuaikan tren pembayaran non – tunai atau cashless. Metode ini dianggap lebih mudah dan cepat, khususnya bagi wisatawan,”kata Badingah.

Dia berharap E-Ticketing di TPR Baron tersebut dimanfaatkan secara optimal oleh petugas hingga wisatawan. Selain itu diharapkan juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Gunungkidul di sektor pariwisata.

“Uji coba layanan ini sebenarnya sudah berlangsung pada bulan Oktober 2020 lalu. Petugas di TPR telah dibekali perangkat elektronik sebagai penunjang pelayanan E-Ticketing termasuk sosialisasi kepada wisawatan,”terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Asti Wijayanti mengungkapkan, layanan E-Ticketing dapat diakses di TPR Baron. Sementara TPR lainnya akan segera menyusul.

“Akan disediakan pos retribusi di Pantai Baron sampai Pok Tunggal, ‘kata Asti.

Pembayaran E-Ticketing pun terdapat dua metode, yakni dengan memindai barcode yang tersedia di TPR, sementara kedua dapat memesan tiket di situs resmi http://ewisata.gunungkidulkab.go.id. Hal tersebut sesuai perjanjian kerjasama dengan pihak Bank penyedia.

“Sejak tahun lalu perjanjianya yakni bulan Desember, tetapi peluncurannya tertunda karena pandemi Covid-19,”terangnya. (Fajar R)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA