Warga Gunungkidul Dihimbau Untuk Tidak Berkerumun Saat Malam Pergantian Tahun

Wonosari, (suara-gunungkidul.com)–Warga masyarakat Kabupaten Gunungkidul dihimbau untuk tidak berkerumun dan melaksanakan pesta kembang api saat malam pergantian tahun. himbauan tersebut disampaikan lantaran masih tingginya angka penularan Covid-19 di Gunungkidul. Pemda telah melakukan pembatasan kegiatan maupun waktu pelaksanaan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi dalam acara gelar apel pasukan Operasi Lilin Progo 2020 di alun – alun Wonosari, Senin (21/12/2020). Immawan menjelaskan berdasarkan perintah Bupati Gunungkidul Hj Badingah jika terdapat acara yang sifatnya berpotensi menimbulkan kerumunan tidak boleh lebih dari pukul 22.00 WIB.

“Saya kira semakin riil, Gunungkidul terendah di DIY tapi kalau sehari 50 (warga terkonfimasi positif Covid-19) jangan dianggap enteng.
Jadi pandangan yang menyepelekan tentang prokes (protokol kesehatan) harus diakhiri, karena biayanya mahal dan sungguh – sungguh sakit,”kata Immawan.

Dia mengajak kepada seluruh masyarakat Gunungkidul agar tidak melaksanakan pesta pergantian tahun pada tanggal 31 Desember 2020. Kegiatan seperti pesta kembang api di lokasi tertentu telah dilaksanakan setiap tahunnya, namun dengan kondisi pandemi Covid-19 seyogyanya hal tersebut tidak diasumsikan sebagau kegiatan rutin di masa normal.

“Hal yang sifatnya kontroviers itu harus diakhiri. Potensi virus Corona sangat besar termasuk di Gunungkidul,”katanya.

Dalam kesempatan yang sama Wakapolres Gunungkidul Kompol Supriantoro bakal melakukan pembubaran terhadap masyarakat yang melakukan kerumunan saat malam pergantian tahun. Tindakan tegas tersebut dilakukan setelah Polisi melakukan himbauan kepada masyarakat yang masih enggan membubarkan diri.

” Yang jelas kita akan lakukan himbauan dulu. Kalau tidak bisa dihimbau ya terpaksa nanti kita bubarkan dengan upaya Kepolisian dengan menggunakan kekuatan yang ada. Karena untuk melindungi warga masyarakat di Gununungkidul,”imbuhnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA