Sunaryanta Ditetapkan Jadi Bupati Terpilih, Jerami Soroti Penataan Birokrasi Dan Penguasaan Lahan Investor

Wonosari, (suara-gunungkidul.com)–Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jejaring Rakyat Mandiri (Jerami) berkomentar atas terpilihnya Sunaryanta – Heri Susanto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul. Dua poin yang disoroti oleh Jerami pasca ditetapkannya Sunaryanta menjadi pemenang Pilkada oleh KPU yakni, penataan birokrasi dan penguasaan lahan oleh Investor di kawasan wisata.

Koordinator Jerami Rino Caroko mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat dirinya berharap Bupati terpilih dapat menjalankan visi dan misinya sesuai janji kampanyenya beberapa waktu lalu. Gunungkidul sebagai wilayah yang seksi terutama wilayah selatan tentunya akan dilirik banyak investor.

“Penguasaan lahan besar – besaran oleh beberapa investor menjadikan rakyat Gunungkidul seolah kehilangan hartanya,”ucap Rino, Senin (25/01/2021).

Dia mengatakan bahwa munculnya Peraturan Daerah (Perda) tentang penguasaan lahan setidaknya akan mampu membatasi kepemilikan lahan agar tidak dikuasai oleh pihak luar. Menurutnya Sunaryanta harus bisa menjadi penjembatan antara penduduk lokal dengan investor luar daerah.

“Yang kedua adalah penataan birokrasi secara proposional. Pembangunan tidak hanya bertumpu pada fisik namun juga non fisik harus diperhatikan,”tuturnya.

Rino mewanti – wanti agar Sunaryanta dan Heri Susanto tidak terpengaruh dengan pembisik – pembisik yang hanya menguntungkan segelintir orang. Selain itu, poin penting lainnya yakni, kepemimpinan Bupati – Wakil Bupati yang diusung oleh partai Golkar dan PKB ini jangan sampai melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

“Pembisik segelintir orang ini terkait pembagian proyek – proyek yang selama ini ada dilingkungan Pemda. Kedepan masyarakat akan melakukan pemantauan kerja – kerja Bupati dan Wakil Bupati,”tandasnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8