Ratusan Pesilat Mengikuti Kegiatan Kenaikan Tingkat di Makam Wonokusumo

Karangmojo, (suara-gunungkidul.com)–Ratusan anggota Perguruan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul mengikuti ujian kenaikan tingkat, Minggu (21/11/2021). Kegiatan ini merupakan program cabang dalam rangka menguji kemampuan para siswa yang tergabung dalam anggota.

Bertempat di halaman makam Wonokusumo, Kapanewon Karangmojo Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah 120 orang, baik dari peserta kenaikan tingkat maupun panitia.

Ketua PSHT Ranting Ponjong Sigit Heri Abadi mengatakan bahwa, kegiatan ini diawali dengan long march mmemutari Padukuhan Wonotoro. Selain itu acara juga dilaksanakan dengan membersihkan area halaman makam yang bertujuan mengajak generasi muda untuk peduli lingkungan.

“PSHT sendiri didirikan bertujuan untuk mendidik manusia berbudi pekerti luhur tau benar dan salah. Mereka mengikuti ujian kenaikan tingkat dari sabuk polos ke sabuk jambon,”kata Sigit, Senin (22/11/2021).

Dia menambahkan, peserta ujian kenaikan tingkat ini diikuti oleh beberapa rayon yang meliputi pangkah, Wonotoro,tm Trenggono, Gunung krambil, Gunung mengger, Ngepoh dan rayon Rongkop. Para siswa pesilat ini terdiri dari usia remaja hingga dewasa .

“Kami berharap keberadaan PSHT juga dapat memberi dampak positif bagi generasi muda. Baik mengarahkan anak ke pergaulan yang positif dan dapat berkontribusi pada wilayah setempat baik dalam membantu kamtibmas maupun kegiatan sosial. Dengan demikian keberadaan PSHT bisa memberi dampak positif bagi masyarakat,”tandasnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8