Puluhan Narapidana Wanita Lapas Wirogunan Dipindahkan Ke Wonosari

Wonosari, (suara-gunungkidul.com)–Sebanyak puluhan warga binaan Lapas Wirogunan Yogyakarta dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II B Yogyakarta yang berada di Wonosari. Proses pemindahan narapinada khusus wanita itu dikawal oleh sejumlah personil Brimob Polda DIY pada Rabu (10/03/2021).

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani menutarakan, warga binaan tersebut berjumlah 88 orang. Pemindahan sendiri disebutnya bakal dilakukan secara bertahap

“Masih 27 orang yang akan segera dilakukan pemindahan secara bertahap,”katanya.

Dia menambahkan, pemindahan warga binaan tersebut menjadi tanda beroperasinya lapas khusus perempuan di Wonosari yang belum lama ini dibangun oleh Kementrian Hukum dan HAM. Menurutnya, pembangunan Lapas Perempuan tersebut dilakukan sejak tahun 2019 lalu.

“Seluruh warga binaan akan menempati satu blok yang sama. Hal itu dilakukan untuk memudahkan pengawasan dan pengamanannya,”terangnya.

Sementara itu Kepala Lapas Perempuan Kelas II B Ade Agustina memaparkan, pihaknya saat ini telah sejumlah 71 orang petugas untuk melakukan penjagaan di dalam Lapas. Sambung Ade, sejumlah fasilitas Lapas perempuan tersebut dilengkapi dengan CCTV dan pagat pembatas disetiap blok.

“Kami akan mengupayakan penambahan personel jika nantinya dibutuhkan. Adapun penambahan itu jadi wewenang dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DIY,”terangnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8