banner1
banner2
banner3
banner4
banner5
banner6
banner7
banner9
banner10
banner11

Penuhi Kebutuhan Air Masyarakat, Bupati Berencana Naikan Debit Air Sungai Bawah Tanah Ngobaran

Wonosari, (suara-gunungkidul.com)–Bupati Gunungkidul Sunaryanta melakukan monitoring 2 lokasi reserfoir yang diproyeksikan sebagai pengolahan air, Jumat (21/05/2021). Dua lokasi tersebut berada di Kapanewon Tanjungsari dan Kapanewon Saptosari.

Kedepan Pemda bakal melakukan upaya peningkatan layanan air sambungan rumah tangga dengan meningkatkan debit air sungai bawah tanah khususnya di Ngobaran.

Sunaryanta berujar bahwa potensi sumber air bawah tanah di Kabupaten Gunungkidul begitu melimpah. Namun belum mampu dimaksimalkan pemanfaatannya dalam pemenuhan kebutuhan dasar warga masyarakat Gunungkidul.

“Layanan kebutuhan dasar masyarakat harus terus di upayakan sebagai bagian menjawab tantangan disaat musim kemarau,”kata Bupati.

Sumber air Ngobaran yang memiliki debit air 100 liter per detik lebih itu msaat ini baru dapat di manfaatkan separuhnya atau 50 liter per detik. Sementara sambungan rumah (SR) setiap tahunnya terus meningkat.

“Upaya pemerintah daerah akan mengembangkan infrastruktur bernilai puluhan milyar untuk pengangkatan sumber air bawah tanah. Pengembangan proyek sumber air ini tidak serta merta namun secara bertahap,”terangnya.

Sunaryanta berharap melihat potensi air di wilayah Saptosari khususnya goa Ngobaran optimis dapat memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat setelah dapat debitnya dinaikan menjadi 100 liter per detik.

Resirfoir air di sungai bawah tanah Baron dengan saat ini melayani sambungan rumah untuk Kapanewon Saptosari, Tanjungsari, Panggang dan Paliyan.
Sementara dalam rencana pembangunan resirfoir baru di lokasi sisi timur pantai Baron dengan peningkatan debit 50 liter perdetik untuk layanan sumber air di wilayah Kapanewon Tepus.

“Peningkatan pertahun SR yang mencapai 1000 lebih juga menjadi alasan kuat pemerintah daerah terus berupaya mengatasi permasalahn air,”tandasnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA