Penuhi Kebutuhan Air di Gunungkidul, Bupati Sambangi BBWS

Yogyakarta, (suara-gunungkidul.com)–Bupati Gunungkidul, Sunaryanta melakukan silaturahmi dan koordinasi dengan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak DIY, pada Senin (28/03/2021).

Bupati Sunaryanta tujuan pertemuan tersebut tidak lain silaturahmi untuk menjalin komunikasi dan koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dengan BBWS Serayu Opak dalam hal penyediaan air baku di wilayah Gunungkidul.

“Saya bersama jajaran akan terus berjuang untuk kesejahteraan masyarakat. Saya sampaikan juga saya membawa jajaran Pemda terkait agar program – program yang kami diskusikan hari ini dapat segera terealisasi”kata Sunaryanta.

Kedepan Bupati akan terus bersinergi dalam mewujudkan pembangunan yang lebih baik. Pembangunan tersebut menurut Sunaryanta tidak lain untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di Gunungkidul.

“Dalam hal pembangunan-pembangunan kebutuhan air di Gunungkidul dapat dioptimalkan,”imbuhnya

Sementara itu
Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), Dwi Purwantoro menyampaikan bahwa, BBWS menawarkan untuk program – program pembangunan sarana dan prasarana air. Penawaran pembangunan ini nantinya bakal dikolaborasikan dengan pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

“Monggo Pak Bupati bisa diperbanyak usulan pembangunan embung dan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH). Kami tinggal menerima usulan saja,”kata Dwi Purwantoro.

Dijelaskan bahwa ABSAH merupakan infrastruktur penyediaan air baku mandiri dengan prinsip kerja menampung air hujan. Prinsip ini berada di dalam tampungan yang disaring dengan media akuifer buatan.
Selain ABSAH, Dwi Purwantoro juga mengusulkan agar wilayah Gunungkidul membangun lebih banyak embung.

“Jika koordinasi terus dilakukan dan lain kali kami juga akan datang ke lapangan sehingga rogram – program tersebut bisa dilakukan,” pungkasnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA