Peletakan Batu Pertama Oleh Bupati, 47 KK Tersasar Jambanisasi PIWK di Kapanewon Wonosari

Wonosari,(suara-gunungkidul.com – Lima kalurahan di kapanewon Wonosari meliputi Karang Tengah, Gari, Wonosari, Siraman dan: Wareng disambangi bupati, Kamis (9/12) kedatangam bupati Gunungkidul H.Sunaryanta tersebut dalam rangkaian agenda peletakan batu pertama program jambanisasi PIWK Kapanewon Wonosari beserta jajaran pejabat eselon II. 

Program jambanisasi ini untuk warga di 5 kalurahan menyasar sebanyak 47 KK.

Panewu Wonosari Siswanto mengatakan bahwa program ini adalah realisasi dari program anggaran dana Pagu Indikatif Wilayah Kapanewon. Nilai positif dari program ini adalah bagaimana menggerakam swadaya masyarakat dan modal sosial yang sudah mengakar dan semakin kuat. Karena tidak mungkin dengan bantuan pemerintah dengan nominal yang begitu kecil dapat di realisasikan menjadi jamban yang siap pakai.

“Pemerintah dalam program PIWK ini memberikam stimulan senilai 3 juta rupiah dalam bentuk material semen pasir besi dan asbes, sehinga harus di imbangi dengan swadaya,” terangnya.

Peletakkan batu pertama dilakukan di salah satu rumah milik warga di padukuhan Gondang Gari di lanjutkan di padukuhan Kajar Karangtengah, Tawarsari Wonosari , Siraman dan terakhir di kediaman Girah yang berada di Wareng.  

Dalam kesempatan ini Bupati Gunungkidul H.Sunaryanta menyampaikan bahwa dengan Program jambanisasi program PIWK menilai sangat baik dan berdampak nyata pada masyarakat yang belum memiliki sarana jamban yang memadahi sehingga masih perlu di bantu.

“Atas nama pemerintah gunungkidul mengucapkan selamat dengan program jambanisasi, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” terangnya

 

“Selain itu bupati juga berpesan untuk menyongsong perayaan natal dan tahun baru masyarakat dapat menjaga kondisi yang nyaman ini tidak merayakan acara yang memicu perkumpulan.

Girah salah satu warga Wareng yang mendapatkan program tersebut mengaku sangat senang, terlebih dengan kehadiran bupati H.Sunaryanta di kediamanya.

“Sebelumnya jambanya terpisah dan tidak memadahi, dengan bantuan ini merasa beryukur memiliki sarana jamban yang lebih baik,” akunya.

Tampak hadir mendampingi Bupati Asisten I Dra Siwi Iriyanti, MA, Kepala Dinas Kominfo Drs.Wahyu Nugroho, M.Si, Asisten III Drs. Sigit Purwanto, Kabag Kesra Drs. Asiz Saleh, Panewu Wonosari Siswanto. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA