Pandemi Covid-19 Disebut Jadi Sebab Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Meningkat

Wonosari, (suara-gunungkidul.com)–Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Perempuan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana dn Pemberdayaan Masyarakat (DP3AKBPM) Gunungkidul kasus kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak mengalami peningkatan.

Kepala Seksi Perlindungan Anak DP3AKBPM Gunungkidul, Fajar Nugroho mengatakan bahwa penigkatan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak ini mengalami peningkatan signifikan dalam dua tahun terakhir. Pandemi Covid-19 disebut menjadi salahbsatu sebab peningkatan kasus tersebut.

“Covid-19 yang melanda saat ini memicu peningkatan kasus kekerasan,”katanya, Kamis (23/12/2021).

Dinas sendiri telah mencatat terjadi peningkatan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak mulai tahun 2020 hingga tahun 2021. Angkanya naik sangat signifikan yakni mencapai 250 persen. Dia menambahkan tahun 2020 yang lalu, kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Gunungkidul sejumlah 28 kasus. Namun pada tahun 2021 ini, hingga akhir bulan November 2021 Dinas mencatat jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak telah mencapai sebanyak 92 kasus.

“Dari berbagai kasus yang menimpa, terbanyak kasus yang masuk ke tempatnya adalah lekerasan psikis,”ungkapnya.

Fajar menyebut kekerasan psikis mencapai 71 kasus masing-masing menimpa 19 orang perempuan dan seorang laki laki 1. Tak hanya itu, ia juga mencatat kekerasan psikis ini juga menimpa 21 anak perempuan dan 30 anak laki-laki.

“Kekerasan psikis itu contohnya dikatain kasar. Contohnya menjadi sasaran umpatan,”tuturnya.

Peningkatan signifikan ini memang menjadi sebuah keprihatinan bersama di era pandemi Covid-19 ini. Menurutnya kenaikan ini bukan semata karena kasus. Pemberlakuan aturan terbaru dari Peraturan Menteri Perlindungan Perempuan yang menambah klasifikasi kekerasan membuat kasus meningkat tajam.

“Salah satunya adalah kasus kekerasan psiskis yaitu kekerasan suara mengakibatkan depresi. Kekerasan psikis ini akan menimbulkan tekanan mental bagi seseorang yang mengalaminya,”pungkasnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA