Nebang Kayu di Kawasan Hutan Negara, Warga Ngeposari Diamankan Polisi

Paliyan, (suara-gunungkidul.com)–Jajaran Kepolisian Unit Reskrim Polsek Paliyan mengamankan Y (32) warga Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu. Yang bersangkutan ditangkap lantaran melakukan aksi pencurian kayu jenis sono brit di kawasan hutan petak 149 rumah Pemangku Hutan (RPH) Giring, Kapanewon Paliyan, Minggu (09/05/2021).

Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Suryanto mengatakan, penangkapan pelaku bermula saat mantri kehutanan RPH giring bernama Samido (55) dan temannya melaksanakan patroli hutan pada Sabtu malam (08/05/2021) sekira pukul 19.00 WIB. Kemudian sekira pukul 21.00 WIB dia dan temannya mendengar suara gergaji.

“Mantri hutan sekaligus pelapor lantas bersama temannya (saksi) mendekat ke sumber suara untuk memastikan suara gergaji tersebut,”kata Suryanto.

Benar saja, ternyata ada sejumlah orang melakukan penebangan kayu menggunakan gergaji. Mantri hutan dan teman – temannya lantas menunggu hingga potongan tersebut selesai dan dimuat di dalam mobil.

“Pada pukul 01.00 WIB dini hari ternyata datang kendaraan jenis pick up mendekat ke lokasi penebangan dan melakukan muat kayu satu potong. Dari lokasi pengintaian petugas kehutanan melihat pelaku sedang memuat potongan kayu ke dalam mobil. Dia bersama temannya lantas mendekat untuk menyergap pelaku,”imbuhnya.

Karena ketahuan petugas, para pelaku kemudian masuk ke dalam mobil dan berusaha melarikan diri, Namun naas mobil yang digunakan oleh para pelaku terperosok di ladang berbatu.

“Para pelaku melarikan diri dan mobilnya ditinggal di ladang,”imbuhnya.

Tak ingin kehilangan jejak, petugas mantri kehutanan kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Paliyan. Mendapatkan laporan jajaran Unit Reskrim Polsek Paliyan dan piket fungsi melakukan penyelidikan dan penyisiran di sekitar lokasi kejadian.

“Sekira pukul 06.30 WIB Polisi mendapat informasi dari warga Kalurahan Pampang bahwa ada seseorang mencurigakan,”terangnya.

Tak menunggu lama anggota Reskrim Polsek Paliyan menuju lokasi dan melakukan interogasi kepada orang tersebut. Saat dilakukan pemeriksaan pria berinisial Y (32) itu mengaku warga Padukuhan Wediutah, Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu.

“Dia (Y) mengakui melakukan penebangan kayu sono dihutan Giring bersama temannya H dan N. Sementara H dan N saat ini masih dalam pengejaran petugas,”tandas Suryanto.

Atas kejadian tersebut Polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu unit mobil jenis Daihatsu Grandmax warna putih nopol AB 8694 DU, 2 buah gergaji, 6 potong kayu jenis sono brit dan 1 lembar terpal warna biru.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8