Minta Panewu Kirimkan Data Lokasi Kekeringan, BPBD Siapkan Anggaran Ratusan Juta

Wonosari,(suara-gunungkidul.com)–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul meminta Panewu se – Kabupaten untuk mengirimkan data lokasi titik kekeringan. Saat ini Pemda telah menyiapkan dana ratusan juta untuk kegiatan droping air guna mengatasi musim kemarau.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki mengatakan, anggaran yang disiapkan untuk kegiatan droping air tahun 2021 sejumlah Rp 700 juta. Pada bulan depan pihaknya masih akan melakukan koordinasi dengan Panewu se Kabuoaten Gunungkidul dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani.

“Saat ini kita memang susah memprediksi kekeringan karena tidak bisa menjadi patokan akan terjadi di bulan apa. Namun kita tetap menunggu permintaan Pemerintah Kalurahan melalui Kepanewon,”kata Edy, Sabtu (24/04/2021).

Edy berujar bahwa saat ini BPBD juha masih melakukan pemantauan prediksi terkait cuaca bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pemantauan tersebut dilakukan untuk mengetahui awal musim kemarau pada tahun ini.

“Pemetaan di wilayah rawan kekeringan dan lokasi yang belum ada jaringab PDAM masih kita koordinasikan. BPBD saat ini juga sudah menyiapkan sejumlah 6 armada yang nantinya akan digunakan untuk droping air,”tandasnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA