IMG_20220813_081313_copy_715x315
IMG_20220814_231753_copy_715x315
IMG_20220814_222054_copy_715x315
IMG_20220815_001804_copy_715x315
IMG_20220819_075457_copy_715x315

Lounching Aplikasi Sipapah, Mudahkan Pembayaran Wajib Pajak di Gunungkidul

Playen, (suara-gunungkidul.com)–

Aplikasi Sipapah (Sistem Informasi Pengelolaan Pajak Daerah) menjadi aplikasi yang di terapkan dalam kemudahan pembayaran pajak daerah yang di gagas BKAD sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah.

Aplikasi ini dilaunching langsung oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gedung Auditorium Taman Budaya Gunungkidul, Rabu (27/10/2021).

Kegiatan tersebut sekaligus pemberian apresiasi penghargaan bagi lunas wajib pajak oleh Bupati dan pengundian hadiah 3 unit sepeda motor. Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatangan kerjasama (MoU) antara BPD DIY dan 10 Bumdes sebagai mitra pelayanan Bank.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta dalam sambutan singkatnya sebelum melaunching aplikasi Sipapah, gedung Taman Budaya menjadi gedung kebanggaan masyarakat Gunungkidul. Bupati meminta agar kedepan terus dilakukan upaya kelengkapan infrastruktur TBG agar lebih presentatif dan mampu mendukung pendapatan daerah.

Dalam berjalanya Pembangunan gunungkidul, BPD dan BKAD yang sudah bekerja baik terus melalukan Inovasi. Upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Gunungkidul sangat penting, karena kontribusi PAD terhadap total pendapatan daerah hanya berkisar sekitar 12%, sehingga ketergantuangan pada dana transfer dapat terus dikurangi.

“Saya minta semua SKPD pengampu pendapatan dapat bekerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, serta terus berinovasi untuk peningkatan pelayanan dan optimalisasi PAD,”kata Bupati.

Sementara kepada pelaku usaha restoran/rumah makan/warung makan/cafeteria atau sejenisnya begitu juga bagi pelaku usaha hotel/losmen/penginapan atau yang sejenisnya agar mengenakan pajak sebesar 10%, Dana tersebut akan sangat bermafaat bagi pembangunan dan pelayanan dasar masyarakat di Kabupaten Gunungkidul.

Usai melaunching aplikasi sipapah Bupati secara simbolis selanjutnya menyerahkan penghargaan bagi pembayar pajak, kapanewon dan kalurahan lunas pajak PBB-P2.

“Kami mengucapkan selamat dan terimakasih serta memberi apresiasi yang tinggi kepada Wajib Pajak yang telah melaksanakan pemenuhan kewajiban perpajakan dengan baik dan menjadi pembayar pajak,”imbuhnya.

Sementara itu kepala BKAD Saptoyo mengatakan,
pelaksanaan launching aplikasi ini bagian dari bentuk pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Direktur Utama PT. Bank BPD DIY yang telah bekerjasama sangat baik selama ini. Secara khusus kami ucapkan terimakasih atas pemberian Mobil Layanan Pajak Daerah melalui CSR PT. Bank BPD DIY,”kata Saptoyo.

Keberadaan armada ini tentu akan sangat bermanfaat dalam pelayanan pembayaran dan perbaikan data Pajak Daerah secara mobile jemput bola dan petugas yang hadir di tengah masyarakat langsung.

Selain itu kerjasama yang dilakukan antara Bumdes dan BPD dalam upaya memberdayakan Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) juga sekaligus sebagai upaya mendekatkan layanan pembayaran pajak dan retribusi daerah pada masyarakat. Manfaat lainya guna memperluas chanelling PT. Bank BPD DIY.

“Saat ini baru 10 Bumdes, namun kita akan terus dorong semua BUMKal di Kabupaten Gunungkidul untuk dapat bekerja sama dengan PT. Bank BPD DIY sebagai mitra laku pandai,”katanya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA