Dewan Minta Mudik Diperbolehkan, Bupati : Kita Ikuti Himbauan Pemerintah

Wonosari, (suara-gunungkidul.com)–Pelarangan mudik dari Pemerintah membuat warga masyarakat yang bekerja di perantauan terpaksa tidak bisa berkumpul dengan keluarga saat lebaran tahun ini. Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul meminta agar Pemerintah memberi kelonggaran atas kebijakan tersebut.

Kepada wartawan Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih menyampaikan, meskipun belum ada surat intruksi resmi dia berharap agar kebijakan ini masih dapat dinegosiasi. Pihaknya bakal melakukan koordinasi dengan unsur Pimpinan Daerah yang lain.

“Sesuai dengan aspirasi masyarakat kita akan meminta Pemda untuk memberikan kelonggaran sesuai zonanya,”ujarnya, Kamis (01/04/2021).

Menurut Endah, di Kabupaten Gunungkidul sendiri grafik penyebaran Covid-19 baik zona merah maupun hijau telah terdata di Dinas Kesehatan. Sehingga sesuai aspirasi warga masyarakat khususnya perantauan agar saat lebaran nanti dapat diberikan kelonggaran diperbolehkan mudik sesuai dengan zonasi.

“Masih ada ruang untuk kita berjuang walaupun Pak Bupati menyampaikan ini masih lama, tetapi kita dapat dorongan yang sama karena puasa sebentar lagi. Diijinkan atau tidak kita sebagai Wakil dari masyarakat yang menitipkan amanat kepada kita tentu wajib menyampaikan kepda Pemerintah Pusat dan Provinsi, “katanya.

Sementara itu Bupati Sunaryanta meminta para perantau agar lebih bersabar. Dia akan segera berkoordinasi dengan Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) yang ada di Jakarta.

“Kalau memang resmi dari Pemerintah Pusat meralarang untuk mudik, nanti agar disampaikan rekan IKG di jakarta,”terang Sunaryanta.

Menurutnya, walaupun tidak mudik yang terpenting saat ini warga Gunungkidul di perantauan tetap dalam kondisi sehat. Dia mengajak agar seluruh pihak tetap mentaati himbauan dari Pemerintah terkait pelarangan mudik ini.

“Gak akan lama, yang penting disana sehat sini sehat. Kita ikuti anjuran Pemerintah,”tandasnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA