banner1
banner2
banner3
banner4
banner5
banner6
banner7
banner9
banner10
banner11

Daerah Ini Jadi Langganan Kekeringan, Pemerintah Setempat Sudah Mengajukan Permohonan Droping Air

Ponjong, (suara-gunungkidul.com)–Kalurahan Tambakromo, Kapanewon Ponjong menjadi salah satu wilayah langganan kekeringan saat musim kemarau melanda Kabupaten Gunungkidul. Sejumlah antisipasi pun dilakukan, salah satunya dengan mengajukan permohonan droping air bersih.

Hal ini diungkapkan oleh
Lurah Tambakromo, Kapanewon Ponjong Sudigdo Wiyoko Nugroho. Diakuinya bahwa wilayah Kalurahan Tambakromo masih terjadi ketika memasuki musim kemarau.

“Tetapi hanya pedukuhan tertentu yang mengalami krisis air yakni Pedukuhan Pijenan, Tambakromo, dan Kanigoro,”bebernya, Rabu (09/06/2021).

Walaupun saat ini masih terdapat wilayah yang jadi langganan kekeringan, Sudigdo mengaku Tambakromo telah mendapatkan akses air bersih dari sumber Goa Song Gilap.

“Ada sumber sungai bawah tanah di dalam Goa, letaknya di Padukuhan Klumpit, Kalurahan Kenteng masih masuk wilayah Ponjong. Selain itu kami memanfaatkan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas),”terangnya

Pada tahun lalu, selain droping air dari Pemerintah (BPBD) Tambakromo juga mendapatkan bantuan droping air dari warga perantauan.

“Droping saat kemarau panjang tahun 2019 lalu jumlahnya pun cukup banyak, yakni mencapai 800 tangki air,”imbuhnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA