Warga Disiplin Prokes, 96 Persen RT di Gunungkidul Sudah Masuk Zona Hijau COVID-19

Wonosari,(suara-gunungkidul.com)—- Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melaporkan jumlah zona Rukun Tetangga (RT) yang masuk Zona Hijau COVID-19 terus bertambah.

Berdasarkan evaluasi pemetaan terakhir, tidak ada lagi RT yang masuk dalam Zona Merah.

Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty menyampaikan bahwa sebanyak 6583 RT sudah masuk Zona Hijau alias dianggap aman dari penularan COVID-19.

“Persentase Zona Hijau mencapai 96,05 persen,” kata Dewi pada wartawan, Jumat (10/09/2021).

Adapun sebanyak 265 RT atau 3,87 persen masuk Zona Kuning dan sisanya hanya 9 RT (0,09 persen) yang masuk Zona Oranye. Hasil pemetaan ini diperoleh berdasarkan evaluasi di periode 30 Agustus hingga 5 September lalu.

Sementara di program vaksinasi COVID-19, Dewi menyampaikan jika per 7 September lalu capaiannya sudah mencapai 49,96 persen. Capaian ini seluruhnya adalah suntikan dosis satu.

“Kalau dosis 2 sudah mencapai 15,55 persen dari total 595.145 sasaran,” jelasnya.

Dewi mengatakan capaian vaksinasi yang terbilang cepat ini tak lepas dari peran banyak pihak. Sebab mereka juga mendukung upaya percepatan vaksinasi COVID-19 yang kini diprioritaskan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul.

Hingga saat ini, percepatan vaksinasi masih terus dilakukan. Mulai dari program Serbuan Vaksin yang dilakukan oleh TNI hingga Vaksinasi Merdeka yang dilakukan oleh Polri, dalam hal ini Polres Gunungkidul.

“Pihak swasta pun juga banyak mendukung dalam percepatan vaksinasi ini,” kata Dewi.

Meski begitu, ia mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin pada protokol kesehatan (prokes). Sebab pihaknya menilai angka penularan COVID-19 masih bersifat fluktuatif.

Hal serupa juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Heri Nugroho. Menurutnya, melandainya pandemi tak lepas dari kedisiplinan masyarakat pada prokes.

“Edukasi dan sosialisasi prokes tetap harus digencarkan pada masyarakat,” ujar Heri.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8