Puluhan Tahun Dibiarkan PDAM, Akhirnya Pemilik Lahan Merasa Lega Ganti Untung Sudah Cair

Ponjong,(suara-gunungkidul.com)–Polemik pembebasan tanah milik warga padukuhan pakrandu, kalurahan Gombang, Kapanewon Ponjong yang dibiarkan oleh PDAM sejak tahun 1995 akhirnya tuntas diselesaikan pada (26/01/2021), dengan telah diserahkanya ganti untung oleh pihak PDAM Tirta Handayani dan pemilik tanah Suyanti dan keluarga.

Kepala Cabang PDAM Seropan Sulis saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut. Nilai yang diterima oleh Suyanti adalah 20.000.0000 Rupiah, sedangkan 5.000.000 Rupiah digunakan untuk biaya balik nama pemisahan sertifikat, adminitrasi, saksi – saksi dan biaya lain – lain.

“Ya betul mas, sudah kami serahkan nilainya 20.0000.000 rupiah, sementara 5.000.000 rupiah untuk biaya adminitrasi, balik nama sertifikat dan biaya lainya,”Kata Sulis, Rabu (27/01/2021).

Terpisah Direktur Utama PDAM Totok Sugiyarto saat dihubungi membenarkanya dikonfirmasi lebih jauh terkait anggaran yang dipatok PDAM Rp 50 juta. Namun sampai ke pemilik tanah Rp 20 Juta Toto mengatakan bahwa Pemda dan PDAM berbeda kalau Pemda anggaran harus habis, namun PDAM bila ada sisa harus kembali ke kas dan itu sebuah apresiasi yang luar biasa karena efisiensi anggaran.

“Perbedaan penggunaan anggaran antara antara pemda dan PDAM, kalau pemda anggaran harus dihabiskan krn klo sisa banyak berarti kinerja kurang bagus, tetapi kalau PDAM anggaran harus dihemat sebisa mungkin, anggaran lima puluh juta tidak harus Lima puluh juta penggunaanya karena sisa anggaran itu akan membuat efisiensi tinggi,” terang Toto.

Ditemui terpisah di rumahnya pemilik tanah Suyanti membenarkan bila sudah menerima ganti untung dari PDAM cuma Suyanti menyayangkan proses panjang yang membuat dirinya kecewa dengan pelayanan PDAM karena sejak awal dirinya tidak pernah menuntut ganti untung melainkan hanya minta dirinya dan anak cucu ikut menikmati air geratis.

“Sudah sejak tahun 1995 tanah saya ini ditempati PDAM tanpa kejelasan, dan hanya janji – janji namun tidak pernah ditepati dan baru saat ini bisa terselesaikan, sebenarnya bukan ganti untung yang kami minta tetapi ikut menikmati air gratis itu saja,” singkatnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8