IMG_20220813_081313_copy_715x315
IMG_20220814_231753_copy_715x315
IMG_20220814_222054_copy_715x315
IMG_20220815_001804_copy_715x315
IMG_20220819_075457_copy_715x315

Jalan Menuju Pantai Midodaren Diportal Investor, Puluhan Anggota Pokdarwis Gerudug Balai Kalurahan

Saptosari,(suara-gunungkidul.com)—- Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Pantai Midodaren gerudug Balai Kalurahan Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari,11/05/2022, sebanyak 30 orang anggota Pokdarwis Pantai Midodaren datang didampingi Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Gunungkidul Coroption Wach ( GCW ) Dadang Iskandar, mereka datang dan menuntut Pemerintah Kalurahan ( Pemkal ) Kanigoro untuk membuka portal jalan menuju Pantai Midodaren, karena atas ditutupnya jalan tersebut membuat para pedagang tidak bisa berjualan untuk mencari nafkah.

Dadang Iskandar dikonfirmasi melalui jaringan telpon hasil dari pertemuan dengan pemerintah kalurahan Kanigoro mengaku jika hasil pertemuan sudah mendapatkan solusi Pemerintah Kalurahan Bersedia untuk membuka portal jalan menuju Pantai Midodaren, Dadang juga meminta Investor dan Pemkal tidak boleh arogan, karena Pengelola Pantai Midodaren sudah sejak 15 Tahun lalu mengelola pantai tersebut, sehingga tidak seharusnya investor dan pemkal menutup akses jalan menuju Pantai Midodaren.

“Sudah selesai mas, Portal sudah akan dibuka, Kami juga meminta kepada Investor untuk tidak arogan karena Pokdarwis sudah mengelola Pantai Midodaren sejak lama,” terangnya.

Munculnya persoalan antara warga dan investor berawal dari tanah kas desa yang disewakan oleh Pemkal ke Investor hal tersebut tetungkap saat Pokdarwis audensi dengan Pemkal Kanigoro, dari negosiasi antara Pokdarwis dan Pemkal diketahui jika Investor akan membangun resort ditanah pribadinya, namun tanah kas desa yang disewa investor di portal, sehingga membuat warga meradang.

“Investor hanya sekali ngarohke warga, kalau harapan warga, investor dan warga kerjasama saling menguntungkan namun sampai sekarang belum ada,” tambah Dandang,12/05/2022.

Dari Informasi saat audensi warga dan Pemkal Kanigoro, Investor adalah mantan petinggi salah satu Bank milik pemerintah, setelah memiliki lahan pribadi di pantai Midodaren, investor menawarkan pembangunan pengerasan jalan dan ruko untuk pedagang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Perusahaan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) dan nilainya Miliaran rupiah, walaupun saat ini terwujud namun menurut warga tidak sesuai yang diharapkan.

( Sudah dibangun ( Ruko ), saat kesepakan di titik A namun ternyata dibangun dititik C, kata warga dibangun 4 x 6 realisasinya 2.5 x 3,” lanjut Dadang.

Dadang Iskandar juga mendapat informasi dari warga bahwa setelah investor menguasai tanah kas kalurahan, investor arogan dengan munculnya surat edaran yang meminta warga untuk mengosongkan Gasebo, hingga intimidasi dan teror, hingga siap berkelehi dengan warga.

Sementara Lurah Kanigoro Suroso saat dimintai keterangan melalui jaringan telpon pasca audensi dengan warga mengaku sudah menemukan titik temu dan kesepakatan dengan warga, menurutnya polemik yang terjadi hanyalah mis komunikasi antara warga dan pemerintah Kalurahan, Suroso membantah jika tidak ada keterbukaan saat sewa menyewa tanah kas kalurahan.

“Tanah kas kalurahan di sewa selama 15 Tahun, mulai Tahun 2020, investor per tahun bayar 13 juta lebih, harga tersebut sudah sesuai yang ditentukan apresial lahan seluas 12 ribu meter persegi, dan oleh investor akan dibangun taman atau lahan hijau oleh investor,” ujarnya.

Lebih lanjut Suroso mengaku jika selama kontrak sewa lahan, setiap 4 tahun akan dievaluasi kenaikan harga sewa, dan hasil dari sewa tanah kas menjadi Pendapatan Asli Desa ( PADes ) dan akan digunakan untuk membangun ruko maupun jalan lingkungan.

Disinggung mengenai ketidakhadiran investor Suroso mengaku jika persoalan ini tidak ada kaitanya dengan investor, melainkan antara warga dan pemerintah kalurahan.

“Sengaja tidak diundang, karena investor hanya mengacu pada Momerendom Of Understanding ( MOU ),”tutupnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA