Debit Air Sungai Bawah Tanah Wuluhkumet Tak Maksimal,PDAM Optimalkan Sungai Bawah Tanah Ngobaran.

Wonosari,(suara-gunungkidul.com) –Hasil Survei potensi air di wilayah Girisuko, Kapanewon Panggang yang di lakukan oleh PDAM dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) pada waktu lalu menunjukkan hasil.

Untuk Goa Wuluhkumet yang terletak di Kalurahan Girisuko, Kapanewon Panggang memiliki lorong yang bercabang. Dimana kedua lorong tersebut di aliri Sungai bawah tanah sehingga pengukuran wuluhkumet di lakukan di tiga titik.
Titik pertama 2,77 liter/detik, titik kedua 3,60 liter/detik dan titik ketiga 3,14 liter/detik.

Direktur Utama PDAM Toto Sugiharta, S. TP mengatakan, dari hasil tersebut maka Goa Wuluhkumet kurang optimal untuk bisa di manfaatkan.

“Jadi saya kira kurang optimal jika di lihat dari hasil monitornya”.ungkapnya.

Selain Goa Wuluhkumet masih PDAM dan BBWS juga melakukan survei monitoring potensi air bawah tanah yang ada di Bekah yang terletak di Padukuhan temon, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Purwosari.
Kegiatan tersebut dilakukan pada pertengahan tahun 2020 lalu.

“Dari tiga titik lokasi tersebut ternyata yang mempunyai debit air paling besar yaitu Sungai bawah tanah yang ada di Bekah, maka Bekah lah yang saat ini sudah mulai pengerjaan untuk pengadaan kebutuhan air bersih” Imbuhnya.

Untuk mencukupi kebutuhan air di wilayah Panggang,purwosari dan Paliyan PDAM bekerja sama dengan BBWS akan mengoptimalkan Sungai Bawah Tanah (SBT) Ngobaran.

“Kami sudah membuat kajian optimalisasi Sungai bawah tanah ngobaran, RAB sudah kami sampaikan ke BBWS” Katanya.

Sementara itu Anggota DPRD Timbul Suryanto menambahkan, bahwa dirinya selaku Anggota Dewan akan mengawal terus pengadaan pemenuhan air bersih.

“Akan kami kawal hingga kebutuhan air bersih di Kapanewon Panggang bisa tercukupi,khusunya Kalurahan Girisuko” Imbuhnya.

Menurutnya kesediaan air di wilayah Girisuko yang paling sulit ketika musim kemarau sampai saat ini ada 3 Padukuhan yaitu Padukuhan Gebang, Padukuhan, Temuireng 1 dan Padukuhan Temuireng II.

“Sampai saat ini,jika musim kemarau warga masih mengandalkan membeli air tangki lewat jasa peseorangan” Pungkasnya. (Wanto)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8