Wakil Bupati Resmikan Pembangunan Pompa Besar Guna Mengaliri 50 Hektar Lahan Pertanian di Patuk

Patuk,(suara-gunungkidul.com)——Sebagai upaya peningkatan produksi pertanian di Wilayah Gunungkidul, pemerintah pusat memberikan program optimalisasi lahan. Dalam hal ini Wakil Bupati Heri Susanto menghadiri langsung acara peresmian pembangunan DAM Parit kegiatan Optimalisasi Lahan Kering tahun 2021 di Patuk, Selasa (28/09)

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Badan Ketahanan Pangan DIY, Ir. Sugeng Purwanto, Kepala Dinas Pertanian Ir. Bambang Wisnubroto, dan Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Raharjo Yuwono.

Optimalisasi lahan merupakan kegiatan APBN Satker PSP-TP 049094 (Ditjen Sarana dan Prasarana pertanian ) yang merupakan output baru penambahan anggaran kegiatan Prasarana Pengembangan Kawasan.

Di masa pandemi ini, pertanian menjadi salah satu sektor yang perkembangannya membaik dan positif bagi perekonomian di Kabupaten Gunungkidul. Untuk itu, Gunungkidul mendapatkan 40 paket program pertanian dari pemerintah pusat yang terdiri dari 12 DAM Parit, 19 pompa, 1 perpipaan, 3 sumur dan 5 perpompaan.

Adapun 2 lokasi optimalisasi lahan kering yang diresmikan oleh Wakil Bupati yaitu kelompok tani Ngudi Mulyo dan Sumber Mulyo. Untuk kelompok tani Sumber Mulyo meresmikan perpompaan besar yang mengairi 25 hektar lahan pertanian yang akan di gunakan untuk tanaman padi pada mh 1, tanaman padi pada mh 2 dan mh 3 untuk tanaman hortikultura dan palawija. Sementara kelompok tani Ngudi Mulyo meresmikan dam parit yang mengairi 25 hektar pada mh 1 padi, mh 2 padi dan mh 3 palawija/padi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Heri Susanto menyampaikan bahwa Gunungkidul memiliki potensi yang sangat luar biasa di bidang pertanian bahkan pada musim kemarau saat ini bisa panen benerapa komoditas tanaman salah satunya bawang merah.
Wakil Bupati juga menambahkan bahwa targetnya periode tahun ini ada tambahan anggaran untuk perbenihan 50 hektar.

“Kita sudah mencoba menggali potensi alam,upaya kita untuk bisa memastikan bahwa potensi potensi yang ada di Gunungkidul ini bisa kita lihat lebih dekat sehingga nanti bisa kita upayakan untuk peningkatan produktifitasnya salah satunya di lokasi ini tambahan 5 hektar benih jagung karna saya pikir cukup representatif karna airnya cukup bagus, untuk perbenihan ini bisa
Mudah mudahan benihnya bisa terpenuhi dari benih yang sumbernya dari Gunungkidul sendiri bahkan bisa ekspor,” ungkap Wakil Bupati

Kepala Badan Ketahanan Pangan DIY, Ir. Sugeng purwanto menyampaikan harapannya optimalisasi lahan bisa dimanfaatkan dengan baik dan terus berlanjut.

“Bisa dikatakan sukses kalau 10 tahun lagi keadannya masih seperti ini, air melimpah,panen juga melimpah, itu baru sukses,” ungkapnya

Peresmian pembangunan dam parit ini ditandai dengan simbolis pemotongan pita oleh Wakil Bupati Heri Susanto S.Kom, M.Si di 2 lokasi Dam Parit. Kegiatan ini diakhiri dengan panen bawang merah di kelompok tani Sumber Mulyo.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8