Pelaku UMKM Bakal Terima Bantuan Uang Tunai Dari Program BPUM Senilai Jutaan Rupiah

Wonosari, (suara-gunungkidul.com)–Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bakal mendapatkan program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) pada tahun ini. Para pelaku usaha mikro ini rencananya akan mendapatkan bantuan berupa uang tunai sejumlah Rp 2,5 juta rupiah.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gunungkidul Si Supriyana mengungkapkan bahwa, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dipastikan berlanjut tahun 2021. Namun demikian Dinas masih menunggu secara resmi waktu persis pelaksanaan dari bantuan tersebut.

“Surat resmi dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) RI sudah diedarkan ke Dinas terkait seluruh Indonesia. Infonya program bantuan bagi pelaku usaha mikro akan dilanjutkan, namun belum ditentukan tanggalnya,”katanya.

Pernyataan tersebut sekaligus menepis rumor bahwa penyaluran BPUM akan dilakukan pada akhir Maret ini. Ia juga mengungkapkan belum lama ini ada rapat koordinasi secara virtual dengan Kemenkop UKM RI. Menurutnya, lewat rapat tersebut baru disampaikan soal rencana pelaksanaan BPUM 2021. Termasuk sosialisasi dari program bantuan tersebut.

“Namun saat itu belum diinfokan kapan pelaksanaannya dilakukan,”imbuhnya.

Dia meminta kepada masyarakat, khususnya para pelaku usaha mikro bersabar menanti informasi resmi dari Kemenkop UKM. Sebab pihaknya pun juga masih menunggu informasi serupa. Seperti tahun sebelumnya, para calon penerima BPUM akan diminta untuk mendaftarkan diri melalui situs resmi. Saat itu, tiap pelaku usaha mikro menerima bantuan berbentuk tunai dengan nominal sebesar Rp 2,4 juta.

“Kalau sudah ada info resmi pasti akan kami sampaikan ke para pelaku usaha mikro, namun saat ini perlu bersabar,” katanya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA