Masa Pandemi Ekonomi Tersendat, Wabup Ajak IKM Gunungkidul Gabung Gerbang Pak Probo

Wonosari,(suara-gunungkidul.com)—- Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengajak para pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) wilayahnya untuk bergabung di toko digital lokal Gerbang Pak Probo.

Pasalnya, platform ini dinilai mampu membantu promosi produk lokal.

Ia menilai, pemanfaatan Gerbang Pak Probo saat ini menjadi momen yang tepat.

Pasalnya, dengan aturan PPKM Level 4, aktivitas ekonomi warga jadi terbatas.

Baca juga: PSIM Yogyakarta Menang Di Uji Coba Kedua, Ini Komentar Asisten Pelatih

“Kami ingin warga mematuhi aturan yang ada, tapi di sisi lain pelaku IKM juga tetap bisa memperoleh penghasilan,” kata Heri di Kalurahan Hargomulyo, Gedangsari pada Jumat (20/08/2021).

Adapun Gerbang Pak Probo merupakan ruang bagi pelaku IKM Gunungkidul untuk mempromosikan produknya secara daring (online). Transaksi jual-beli pun bisa dilakukan lewat toko digital tersebut.

Heri mengatakan program ini jadi bentuk fasilitasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul agar ekonomi warga tetap berjalan.

Gerbang Pak Probo juga akan meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) publik terhadap produk lokal.

“Jadi lewat Gerbang Pak Probo, produk-produk asli Gunungkidul yang representatif dan berkualitas bisa lebih dikenal masyarakat luas,” jelasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul Johan Eko Sudarto mengungkapkan bahwa penghasilan IKM sedikit terkerek berkat Gerbang Pak Probo.

Pasalnya, masyarakat kini juga banyak beralih ke layanan jual-beli daring. Apalagi selama pandemi dan PPKM ini, aktivitas transaksi konvensional sedikit terhambat.

“Itu terbukti dengan semakin banyak yang mengakses situs Gerbang Pak Probo,” kata Johan.

Baca juga: SD Muhammadiyah Karangkajen Gelar Pelatihan Metode PTK dan Evaluasi Pendidikan

Selain situs resmi, toko digital asli Gunungkidul tersebut juga tersedia dalam bentuk aplikasi. Pengguna bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui ponsel pintar dengan sistem operasi Android.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Disperindag Gunungkidul, Yuniarti Ekoningsih mengatakan saat ini baru ada 50 IKM yang bergabung dengan Gerbang Pak Probo. Namun ke depan jumlahnya akan bertambah.

“IKM yang akan bergabung perlu melewati proses verifikasi oleh Disperindag, baru nantinya bisa muncul di Gerbang Pak Probo,” jelas Yuni.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8