Kunjungi Kelompok Tani Bima Utama, Bupati  Berjanji Akan Mendukung Penuh Pertanian Gunungkidul

Ponjong, (suara-gunungkidul.com )—-Kelompok tani Bimautama melaksanakan gerakan tanam sekaligus panen bawang merah bersama anggota Komisi VI DPR RI Drs H Gandung Pardiman, MM dan Bupati H.Sunaryanta di lahan mandiri seluas 3 hektar yang tersebar Dusun Sambirejo, Kalurahan Sidorejo Kapanewon Ponjong. Senin (30/8).

Selain simbolis penanaman benih bawang merah dan panen di lahan yang berbeda bupati juga secara simbolis menyerahkan bantuan alsintan bantuan dari Anggota DPR RI Drs.H.Gandung Pardiman, MM

Ketua kelompok tani Ir.Sutiyono yang mengelola kelompok pada bulan mei 2021 berawal dari keanggotaan 10 orang dengan luas lahan 1,5 H dengan memanfaatkan lahan pribadi yang terpisah-pisah. Meskipun kelompok tani ini muncul akibat dampak pandemi dan dengan modal mandiri tetapi kelompok ini terus bertahan hingga mampu berkembang dan bertambah anggotanya menjadi 20 orang dengan lahan mencakup 3 hektar.

Bermodal niat, tekad dan nekat karena belum punya pengalaman penanaman bawang merah, iapun bersama kelompoknya bahkan rela melakukan studi di Karangrejek Hingga wilayah Klaten.

“Harapan saya dengan dukungan dari perintah dan bantuan dari Drs. H.Gandung Pardiman, MM dapat meningkatkan perekonomian taraf hidup dan kreatifitas” ungkapnya

Hal senada di sampaikan Panewu Agung Danarto yang menyampaikan harapannya bahwa dengan kunjungan dari Bupati ini mampu memberikan suport dan motifasi dalam perkembangan pertanian di wilayah Ponjong.

Pengembangan bawang merah di DIY khususnya di GK sangat masif.
Produktivitas bawang merah ubinan mencapai 12,7 ton perhektar sedangkan rata ratanya hanya sekitar 10 ton. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ir Sugeng Purwanto kepala DPP DIY.
“Jika di hitung BEP nya hanya pada kisaran harga 12 sampai 15 ribu, sehingga apabila dengan harga saat ini pada kisaran harga 22 ribu perkilo, sangat menguntungkan.
Harapanya akan ada terus upaya luas tambah tanam. Selain itu kedepan akan ada terus pendampingan dari DPP sebagai upaya untuk memajukan pertanian” ungkapnya

Sementara itu Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Golkar Heri Nugroho, menyampaikan pertanian menjadi satu program yang di kuatkan dalam program skala prioritas pembangunan harapanya petani kita dudukan sebagai orang terkaya di Gunungkidul.

Dalam kesempatan tersebut Bupati H.Sunaryanta atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih kepada
Masyarakat telah melakukan apa yang menjadi cita cita pemerintah dengan pertanian serta pihak pihak terkait dengan upaya dan dukungan.
Sesuai orientasi awal pemerintah kabupaten menyemangati dengan segitiga kehidupan meliputi pertanian pariwisata dan investasi.

Anggota DPR RI Komisi VII dari Fraksi Golkar Gandung Pardiman tak memungkiri bahwa di negara maju orang kaya adalah petani, peternak. sehingga pertanian harus terus di dorong.
Pertumbuhan 0,1 % bidang pertanian dapat mendukung pertumbuhan ekonomi negara 0,2 %,sehingga
Dirinya yakin jika sektor pertanian mampu berkembang dan maju gunungkidul akan semakin sejahtera dan tidak akan terjadi orang gantung diri karena alasan ekonomi.

Pada kesempatan tersebut Bupati H.Sunaryanta bersama Drs.H Gandung Pardiman, MM, Wakil Ketua DPRD Heri Nugroho, Kepala DPP DIY,.Panewu dan forkopimpan melakukan simbolis penanaman benih bawang merah di lahan yang telah disiapkan.

Bupati bersama rombongan pun memilih berjalan kaki menuju lokasi yang berjarak lebih dari 500 meter tersebut, selesai melakukan simbolis penanaman bupati menyerahkan bantuan alsintan kepada perwakilan kelompok tani bersama H Gandung Pardiman dan Wakil ketua DPRD.
dilanjutkan Panen Bawang di lokasi berbeda.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPR RI Drs. H.Gandung Pardiman, MM, Bupati H.Sunaryanta, Wakil Ketua DPRD Heri Nugroho, SS, Kepala DPP DIY Ir.Sugeng Purwanta, Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul Ery Agustin Sudiyanto, SE,MM,Asisten Siti Isnaini Dekoningrum, SH, Panewu Ponjong Agung Danarto, Forkopimpan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8