Jualan Es Keliling, Wartoyo Mampu Bertahan Hidup Dan Sekolahkan Anaknya

Semanu,(suara-gunungkidul.com)–

Setiap orang tua akan memberikan yang terbaik untuk keluarga terutama anak – anaknya. Tak hanya soal nafkah, orangtua juga rela melakukan apapun untuk membiayai pendidikan sang anak hingga di jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Hal tersebut dibuktikan Wartoyo pedagang es keliling warga Padukuhan Trukan Ngampo, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu. Berjualan Es keliling selama 33 tahun mampu membuat Wartoyo menyekolahkan anaknya hingga tingkat SMA. ditengah kondisi sulit ekonomi di masa pandemi Covid-19 tak membuat dia pantang menyerah.

“Sudah 33 Tahun saya berjualan es keliling, banyak suka duka yang saya lalui mas, apalagi hasil tidak pasti kadang 50.000 kadang kurang dari 50.000, namun alhamdullilah saya bisa menyekolahkan anak saya hingga SMA dan sekarang sudah kerja,”ujarnya.

Wartoyo tak pernah mengeluh dalam kondisi apapun, bahkan dia berbagi inspirasi kepada banyak orang dengan tetap menekuni jualan es keliling sebagai pekerjaan pokoknya. Menurutnya modalnya adalah fokus dan tekun tidak mudah tergoda dengan tawaran apapun, es yang dijual Wartoyo diambilnya dari salah satu pengusaha rumahan dengan sistem kerjasama jikalau tidak habis es boleh dikembalikan.

“Modalnya tekun dan sabar tidak mudah tergoda iming – iming apapun, kalau esnya saya ambil dari seseorang, jika saya kelilingkan tidak habis nanti sata kembalikan,” lanjut Wartoyo di sela – sela melayani pembeli.

Pedagang es keliling yang setiap hari menggunakan sepeda onthel untuk menjajakan daganganya ini terlihat sabar dan selalu tersenyum dalam melayani pembeli, makanya setiap hari hanya nasi kucing dan segelas teh manis, namun tetap semangat hingga 33 Tahum ia lakoni sebagai pedagang es keliling.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA