Forkom UMKM Gunungkidul Pasarkan Produk Lokal Dengan Memanfaatkan Pasar Digital

Ngawen, (suara-gunungkidul.com)–Forum Komunikasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melaksanakan roadshow peningkatan kapasitas dalam upaya memasarkan produk UMKM melalui pasar digital, Sabtu (02/01/2021). Kegiatan yang dilaksanakan di Kepanewon itu diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk UMKM di wilayah Gunungkidul untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Ketua Forkom UMKM Gunungkidul Ika Fitri mengatakan bahwa, roadshow tersebut dilakukan sebagai upaya peningkatan kapasitas baik produk maupun Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku UMKM. Di era revolusi industri 4.0 pelaku UMKM dituntut mampu beradaptasi dan memanfaatkan jejaring dengan mengikuti trend digitalisasi.

“Pelaku UMKM akan diberikan pendampingan dalam pembuatan legalitas produk, edukasi serta peningkatan SDM. Selain itu Pendampingan ini dilakukan sebagai upaya menciptakan destinasi wisata edukasi UMKM. Pembuatan website http://www.umkmgunungkidul.com diharapkan dapat menjadi sarana publikasi produk dan kegiatan anggota forkom UMKM Gunungkidul,”kata Ika, Minggu (03/01/2021).

Pihaknya juga telah menyiapkan aplikasi marketplace dengan nama Market UMKM. Marketplace itu diharapkan dapat memudahkan para pelaku UMKM untuk melakukan penjualan produk secara online. Secara umum misi Forkom UMKM, lanjut Ika adalah membantu para pelaku UMKM agar bisa naik kelas dan berdaya saing.

“Kami berikan dorongan kepada para pelaku usaha untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreativitasnya. Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja serta mampu meningkatkan perekonomian warga masyarakat di Kabupaten Gunungkidul,”terangnya.

Menurut Ika, selain membantu pemasaran produk secara online Forkom UMKM Gunungkidul juga akan membantu para anggota agar bisa memasarkan produk secara offline shingga kalangan yang lebih luas.

“Kita akan mengadakan event UMKM tiga bulan sekali di tingkat Kapanewon. Mengadakan karnaval UMKM Kabupaten setiap tahun dan mengadakan gebyar UMKM tingkat nasional di Gunungkidul,”paparnya.

Terpisah Devisi usaha Forkom UMKM Gunungkidul Arfian membeberkan beberapa event akan dimulai pertama pada tanggal 29 Januari sampai tanggal 1 Februari 2021. Event tersebut akan dilaksanakan dengan penyediaan ratusan stand yang diisi oleh produk lokal di seluruh wilayah Gunungkidul.

“Targetnya Forkom akan menyediakan 500 stand berbagai produk pelaku Usaha Kecil dan Menengah. Event tersebut akan menjadi miniatur surga UMKM Gunungkidul,” ungkapnya.

Arvian menjelaskan, tidak hanya stand makanan produk UMKM yang akan disediakan dalam event tersebut. Di panggung utama akan disajikan beragam acara menarik seperti lomba fashion show dari desainer-desainer di Gunungkidul serta berbagai macam lomba lainnya.

“Karena masih dalam masa pandemi, event kita adakan dengan mematuhi standar protokol kesehatan tentunya.
melalui event ini harapan kami akan mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa Gunungkidul memiliki potensi produk UMKM yang unik dan beragam,”Kata Arvian.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA