Dorong Sektor Pertanian Sisi Selatan Berkembang, Planjan Bakal Dibangun Embung Geo Membran

Saptosari, (suara-gunungkidul.com)–Bupati Gunungkidul Sunaryanta mendorong kawasan selatan menjadi sektor Partanian yang maju. Salah satu bentuk rencana realisasi program pengembangan sektor pertanian itu yakni dibangunnya Embung di wilayah Kalurahan Planjan, Kapanewon Saptosari.

Pemerintah Kalurahan Planjan pun telah menyiapkan lahan seluas 6000 m3. Embung raksasa GEO membran ini rencananya mampu menampung air dengan kapasitas 1 juta m3.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mendukung penuh rencana dikembangkannya sektor potensi pertanian di wilayah Kalurahan Planjan. Namun demikian Sunaryanta berujar bahwa perlu dilakukan pengkajian dengan pihak – pihak terkait untuk segera mendesain lokasi embung.

“Jika dapat dibangun nantinya akan berdampak kuat pada sektor pertanian dan kegiatan perekonomian lainnya, “ujar Sunaryanta saat meninjau langsung lokasi, Rabu (21/04/2021).

Sementara itu Lurah Planjan, Kalurahan Saptosari Muryono Asih Sulistyo mengatakan, lokasi rencana pembuatan embung itu berupa lembah yang dikelilingi perbukitan dan berada di bahu jalan Kabupaten.

“Genangan air hujan mampu mencapai badan jalan, namun akan cepat susut karena bermuara di sebuah luweng sebelah sisi bukit,”terangnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8