Dinas Resmikan Damparit, Diharapkan Mampu Mengairi Puluhan Hektar Sawah

Ponjong, (suara-gunungkidul.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam hal ini Dinas Pertanian dan Pangan meresmikan
Damparit yang berada di Pedukuhan Selonjono, Kalurahan Sawahan, Ponjong. Damparit ini diharapkan dapat mengairi puluhan hektar sawah milik petani.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Bambang Wisnu Broto mengungkapkan bahwa, usai peresmian yang dilakukan beberapa waktu lalu bersamaan dengan panen jagung dan padi musim tanam kedua. Menurut Bambang Damparit dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga ketersediaan air tetap terjaga seiring masuknya musim kemarau.

“Musim kemarau telah berlangsung pada bulan Juli ini, puncaknya diperkirakan terjadi pada bulan Agustus mendatang,”katanya, Senin (05/07/2021).

Dinas memberikan apresiasi pada kelompok petani yang sudah berhasil menyelesaikan pembangunan Damparit pada waktu yang tepat. Dia mengklaim bahwa para petani tidak akan lagi dihantui rasa kekhawatiran dengan masalah air untuk mengairi lahan sawah mereka.

“Perlu diingat bahwa air merupakan salah satu kunci keberhasilan para petani di Kabupaten Gunungkidul,” ujarnya.

Semebtara itu Dukuh Selonjono Waluyo membeberkan bahwa, pembangunan Damparit ini menelan anggaran sebanyak Rp 120 juta. Dana tersebut berasal dari Kementrian Pertanian.

“Keberadaan Damparit ini akan membuat petani dapat menanam padi dua hingga tiga kali dalam satu tahun. Selain itu petani juga akan memanfaatkan untuk penanaman jagung dan kacang tanah. Airnya akan mengairi seluas 25 hektar, “terangnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8