banner1
banner2
banner3
banner4
banner5
banner6
banner7
banner9
banner10
banner11

Tingkatkan Ekonomi Dimasa Pandemi,Petani Tanam Cabai Lalap

Panggang,(suara-gunungkidul.com) –Dimusim Pandemi ini adalah waktu yang sangat sulit bagi perekonomian semua masyarakat. Namun dengan berbagai usaha dan ke uletan semua bisa teratasi walaupun belum bisa maksimal.

Seperti yang di lakukan Hanto Husada, dia seorang Kepala Dukuh Waru, Kalurahan Girisekar,Kapanewon Panggang. Hanto memanfaatkan tanah kering itu untuk di tanami cabe lalap. Hal itu di karenakan pada akhir akhir ini harga cabe lalap sangat di minati dan harganya pun cukup mahal.

Meskipun perawatannya agak sulit namun jika ditekuni usaha ini akan menjadi penghasilan yang lumayan.

Menurutnya memang tidak semudah merawat tanaman jagung dan lain-lain sebagainya tetapi jika di tanami jagung hanya cukup 1 kali panen.

“Kalau saya tanami jagung hanya satu kali panen, tetapi kalau cabe lalap ini tiap Lima hari harus di panen”.jelasnya.

Hanto Menambahkan dirinya menanam bibit cabe sebanyak kurang lebih 1700 pohon cabe. Dan sampai saat ini baru pertama kali panen.
Dari panen pertama Hanto memanen sebanyak 25 kilogram. Dan untuk harga jual sebesar 10ribu rupiah per kilogram nya.

“Ini baru panen pertama, jadi 5 hari lagi harus di panen lagi”.ujarnya.

Itulah kenapa Hanto memilih untuk menanam cabai lalap dari pada tanaman lainya, meskipun perawatanya itensif dalam penyiraman dan tentunya rentan dengan hama, namun Hanto berharap usahanya ini bisa menambah dan meningkatkan ekonomi di tengah masa pandemi sekarang ini.

” Saya berharap panen berikutnya bisa lebih banyak dan juga harga kembali naik agar bisa meningkatkan ekomomi kita” Pungkasnya

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA