Perupa Perempuan Gunungkidul Pamerkan Hasil Karya di Gedung DPRD

Wonosari, (kupass.com)–Sejumlah Perupa Gunungkidul yang tergabung dalam komunitas Wening memamerka hasil karyanya di Gedung DPRD Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (10/04/2021). Pameran yang melibatkan seniman lokal perempuan serta kaum disabilitas itu dilaksanakan perdana dan pertama kalinya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengungkapkan, Pemerintah bakal memberi ruang kepada perupa yang membangun sebuah konsep tentang seni. Event tersebut diharapkan dapat dilaksanakan ditempat lain, sehingga karya seni para perupa dapat dinikmati tak hanya warga Gunungkidul saja.

“Tidak dinikmati masyarakat Gunungkidul tapi dinikmati orang luar,”ujar Sunaryanta.

Sementara itu penggagas acara pameran sekaligus Ketua Wening (Komunitas Perupa Perempuan) Aryanti Yunitasari mengatakan, ada sejumlah 60 karya seni yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut. Karya seni yang dibuat oleh perupa perempuan dan kaum difabel itu terdiri dari berbagai jenis.

“Ada karya seni Batik, Craft Seni Cukil, Fotografi dan seni lukis,”kata Yunita.

Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, Pemerintah akan memberikan dukungan terkait pendanaan pada kegiatan para pelaku seni tersebut.

“Kalau ini bisa diintervensi oleh dana APBD saya dan Pak Bupati akan tanggungjwab lebih dulu,”kata Endah.

Menurutnya saat ini hanya seni pertunjukan saja yang sudah diakomodir Dana Pemerintah khususnya Keistimewaan. Unsur pimpinan Daerah termasuk DPRD akan melihat regulasi yang nantinya akan dianggarkan pada kegiatan para perupa tersebut.

“Dengan ini potensi kita akan digali lebih promosi di dunia maya. Seniman Gunungkidul tidak kalah menarik dan terkenal dengan seniman yang terkenal dan punya nama di Jogja,”imbuhnya. (Fajar R)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA