banner1
banner2
banner3
banner4
banner5
banner6
banner7
banner9
banner10
banner11

Kembangkan Wisata Budaya, Kundha Kebudayaan Terbitkan Ratusan Buku Berbasis Sejarah Kalurahan

Wonosari,(suara-gunungkidul.com)–Kundha Kebudayaan (Dinas Kebudayaan) Kabupaten Gunungkidul telah menerbitkan sejumlah ratusan buku sejarah tentang Kalurahan yang ada di Gunungkidul. Penelusuran dan pendalaman keberadaan peninggalan sejarah ini disebut sebagai pengembangan wisata berbasis budaya dan sejarah.

Hal tersebut diungkapkan oleh
Kepala Bidang Sejarah Bahasa Sastra dan Permuseuman Disbud Gunungkidul Sigit Pramudyanto. Sigit membeberkan pihak Dinas sendiri telah menelusuri dan melakukan pendalaman keberadaan peninggalan bersejarah di setiap Kalurahan se Kabupaten Gunungkidul. Menurut Sigit, program penelusuran ini nantinya akan ditulis dan diterbitkan melalui buku.

“Hasil dari program ini tidak hanya berupa buku. Tapi ada dampak potensi wisata yang bisa dikembangkan lewat penelusuran ini. Salah satunya pengembangan wisata berbasis budaya dan sejarah,”kata Sigit, Rabu (26/05/2021).

Sementara itu Kepala Disbud Gunungkidul Agus Kamtono menjelaskan, upaya penulisan buku dilakukan untuk mengungkap dan mempublikasikan tentang seharah yang ada disetiap Kalurahan. Dinas sendiri saat ini sudah menerbitkan sebanyak 103 buku sejarah Kalurahan.

“Tahun ini Dinas menargetkan 125 dari 144 Kalurahan sudah memiliki buku tentang sejarahnya masing-masing. Saat ini kami rutin melakukan pembekalan terkait penulisan buku sejarah ini dimana setiap Kalurahan mengirimkan 2 sampai 3 orang perwakilan untuk ikut pembekalan,”kata Agus.

Selain itu Dinas sendiri juga menghadirkan akademisi hingga penulis buku. Hal ini dilakukan supaya perwakilan disetiap kalurahan memahami cara penulisan buku yang benar. Termasuk dalam teknik penelusuran dan pencariab narasumber untuk buku tersebut.

“Seluruh Kalurahan di Gunungkidul memiliki sejarah dan peran penting, salah satunya di masa Perang Kemerdekaan. Buku sejarah kalurahan ini akan menjadi bahan bacaan yang berharga di masa depan. Termasuk memberikan edukasi ke masyarakat lewat bahan literasi,”tandasnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA