banner1
banner2
banner3
banner4
banner5
banner6
banner7
banner9
banner10
banner11

HUT Kabupaten Gunungkidul ke 190, Sejumlah Pusaka Diarak

Wonosari, (suara-gunungkidul.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul merayakan HUT Kabupaten Gunungkidul yang ke 190 tahun, Kamis (27/05/2021). Bertempat di Bangsal Sewoko Projo, kegiatan dilaksanakan dengan mprosesi adat kirab pusaka.

Resepsi Hari Jadi sendiri diawali dengan mengarak sejumlah 5 pusaka dari dalam pendopo Bangsal Sewoko Projo. Pusaka – pusaka ink dikirab mengelilingi lingkungan BSP.

Upacara adat kirab pusaka ini diawali dengan masuknya pasukan bregodo abdi dalem Kraton Yogyakarta yang dipimpin oleh KRT Marto Sugiharjo. Kirab tersebut juga diiringi musik gending Ladrang Gati Podosih.

KRT Marto Sugiharjo selaku sesepuh dari abdi dalem Keraton mengatakan lima pusaka tersebut yakni Pusaka Kanjeng Kyai Margo Salurung, Kyai Panjolo Panjul, dan Songsong Agung Kanjeng Kyai Robyong serta Podang Ngisep Sari. Pusaka ini merupakan milik rakyat Gunungkidul yang diarak satu kali dalam setahun pada tanggal 27 April.

“Semua pusaka ini mempunyai simbol tersendiri terkait kepemimpinan di Kabupaten Gunungkidul,”ujarnya.

Dalam sambutannya Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, HUT Kabupaten Gunungkidul yang ke 190 ini mengambil tema cancut tali wanda. Cancut Tali Wanda ini memiliki arti dimana semua masyarakat dan Pemda telah menjadi satu tekad kuat bekerja membangun dan memulihkan ekonomi masyarakat.

“Saya mengucapkan terimakasih Kepad Gubernur DIY yang mendukung dan membantu Pemda dan masyarakat Gunungkidul. Saya juha ucapkan kepada DPRD dan Forkopimnda yang bekerjasama sesuai fungsi masing – masing, “terangnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA