Berusia Satu Setengah Abad, Kalurahan Melikan Rayakan Hari Jadi Wilujeng Nagari

Rongkop, (gunungkidulsuara.com)–Berusia nyaris satu setengah abad Pemerintah Kalurahan Melikan, Kepanewon Rongkop memperingati hari jadi. Peringatan tersebut dilaksanakan yang perdana dengan acara doa bersama dan kirab budaya di Kantor Kalurahan Melikan, Kamis malam (12/11/2020).

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua panitia acara Subandiyana. Kaur Tata Laksana Pamong Kalurahan Melikan tersebut itu menjelaskan bahwa, kini Kalurahan Melikan telah berusia 146 tahun. Menurut pencanangan penyusunan melalui ritual budaya yang menjabat Lurah pertama bernama Citro Reso.

“Kalurahan Melikan berdiri pada tanggal 15 Juni tahun 1874. Dan ini perayaan yang pertama kalinya,”ujar Subandiyana ditemui di sela – sela acara, Jumat (13/11/2020).

Selain acara kirab dan doa bersama Pamong dan warga masyarakat secara bersama – sama mengucapkan ikrar berdirinya Kalurahan Melikan.

“Kami juga melakukan doa bersama agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Kita mengaplikasikannya lewat tumpeng wilujengan, “katanya.

Sementara itu salah satu panitia yang juga tokoh pemuda Kalurahan Melikan Suro Tri Wibowo mengatakan, perayaan hari jadi ini menjadi awal membangkitkan semangat untuk bersama – sama memajukan Melikan. Pihaknya bakal merubah mainshet bahwa sebelumnya Melikan dikenal sebagai wilayah miskin langganan kekeringan saat musim kemarau menjadi wilayah yang maju.

“Sebenarnya potensi Sumber Daya Alam di Melikan sangat luar biasa. Ada beberapa destinasi wisata seperti goa yang belum dikembangkan, selain itu potensi budaya kita akan mulai merintisnya,”kata Suro.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA