Belasan Ingkung Disajikan Saat Sedekah Bumi Di Pudak. 

Panggang,(suara-gunungkidul.com)–Warga Padukuhan Pudak, Kalurahan Giriwungu, kapanewon Panggang, adakan upacara adat sedekah Bumi yang digelar di Goa Sodong  Minggu (03/10/2021).
 
Upacara adat sedekah bumi tersebut rutin diadakan tiap tahun ketika akan memasuki musim tanam dan setelah masa panen.
 
Terdapat dua belas ingkung yang disajikan dalam upacara kenduri Sedekah bumi tersebut.
 
Lurah Giriwungu Tulus mengatakan,  warga Padukuhan Pudak rutin menggelar acara sedekah bumi setahun sekali. sedekah bumi yang tahun ini adalah sedekah yang lebih besar di banding tahun kemarin. 
Kalau tahun kemarin hanya beberapa warga saja yang mengadakan kenduri disini, tetapi sekarang semua warga jadi satu disini. 
 
Warga sengaja adakan di Goa Sodong karena sejak nenek moyang ketika melakukan sedekah bumi pun juga bertempat di Goa sodong. 
Selain itu menurutnya Padukuhan Pudak tersebut adalah cikal bakal adanya Kalurahan Giriwungu. 
 
“Ini rutin warga lakukan di setiap tahunnya ketika hendak memasuki musim tanam tepatnya setiap Minggu Pon,”Ungkap Tulus. 
 
Selain itu Goa Sodong adalah Goa yang mempunyai nilai Religi. Dan juga mempunyai sumber air yang tak pernah kering. dan airnya pun dimanfaatkan warga  sekitar ketika musim kemarau tiba. Masyarakat sekitar pun kini mulai merilis tempat tersebut sebagai tempat wisata baru. 
 
“Dengan adanya sedekah bumi ini, warga berharap hasil tanam mereka meningkat dan juga ini adalah sebagai tradisi dan budaya sejak nenek moyang sampai sekarang masih dilestarikan,” Pungkasnya.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACA JUGA

banner8